Syarat dan Ketentuan

1. Definisi

1.1 Kata-kata berikut yang digunakan di dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:


“Afiliasi”
berarti pihak pengendali salah satu Pihak, anak perusahaan salah satu Pihak atau pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan salah satu Pihak.
“MERCHANT”
adalah penjual barang dan/atau jasa yang memiliki gerai fisik yang bekerjasama dalam penyediaan layanan POS.
“Para Pihak”
adalah SPOTS dan MERCHANT secara bersama-sama.
“SPOTS”
adalah PT. Multi Adiprakarsa Manunggal, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia yang menyediakan layanan POS untuk kemudahan penjualan dan transaksi/cara pembayaran pada MERCHANT.
“Syarat dan Ketentuan”
adalah syarat dan ketentuan MERCHANT SPOTS ini sebagaimana dapat diubah dan ditambah dari waktu ke waktu oleh SPOTS.
“Formulir Pemesanan”
adalah formulir yang berisi mengenai detail jenis layanan yang akan diberikan kepada MERCHANT yang ditandatangani Para Pihak yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.
“Layanan”
adalah penyediaan layanan berupa hardware dan software/sistem POS oleh SPOTS kepada MERCHANT sesuai dengan jenis layanan yang dirinci pada Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan ini.
“POS”
berarti point of sales (hardware dan software).
"Software"
berarti perangkat lunak sistem kasir yang digunakan untuk registrasi transaksi penjualan.
"Hardware"
berarti perangkat keras yang disediakan oleh SPOTS untuk jasa pemrosesan aplikasi POS.
“GoPay”
adalah layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh DAB (PT. Dompet Anak Bangsa) bagi pengguna yang telah mendaftar dan tercatat sebagai pengguna layanan GoPay.
“Hak Kekayaan Intelektual”
berarti nama, logo, merek dagang, paten, hak cipta, rahasia dagang, desain industri atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dilindungi oleh Negara dan diatur dalam undang-undang.
“Hari Kerja”
berarti standar jam kerja operasional SPOTS yang dari jam 9:00 sampai jam 18:00 WIB setiap hari tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur di Indonesia atau sebagaimana diinformasikan secara tertulis dari waktu ke waktu oleh SPOTS.
“Keadaan Memaksa”
berarti suatu kejadian yang di luar kekuasaan Pihak yang bersangkutan dan terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaian Pihak tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas, kebakaran, badai, banjir, gempa bumi, ledakan, kecelakaan, tindakan musuh, perang, pertentangan, pemberontakan, sabotase, epidemi, pembatasan karantina, perselisihan perburuhan umum, embargo transportasi, pemadaman listrik atau tindakan atau kelalaian (termasuk penolakan atau kegagalan untuk menyetujui) dari setiap orang ketiga, termasuk karyawan, subkontraktor, pemasok, dan Layanan Pihak Ketiga, yang mengakibatkan Pihak tersebut tidak dapat memenuhi kewajiban kinerjanya berdasarkan Perjanjian.
“Pihak Ketiga”
berarti institusi lain di luar SPOTS yang tidak memiliki koneksi langsung ke layanan, tetapi memungkinkan berperan untuk performa layanan POS (contohnya penyedia jaringan, kurir).
“Transaksi”
berarti setiap transaksi untuk penyediaan barang dan atau jasa yang diproses menggunakan POS.


1.2 Layanan serta Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk jangka waktu sebagaimana tertuang dalam Formulir Pemesanan (“Masa Berlaku”) yang secara otomatis akan diperpanjang untuk jangka waktu 1 (satu) tahun berturut-turut, kecuali salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan tertulis untuk tidak memperpanjang Layanan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum habisnya Masa Berlaku.

2. Hak dan Kewajiban

2.1 Hak dan kewajiban SPOTS


2.1.1 SPOTS berhak mendapatkan pembayaran atas Layanan yang diberikan kepada MERCHANT maupun biaya lainnya sesuai dengan ketentuan dalam Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan ini.
2.1.2 SPOTS dapat sewaktu-waktu atas kebijakannya sendiri, dengan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada MERCHANT untuk melakukan pengakhiran Layanan.
2.1.3 Dalam hal terjadi pengakhiran, SPOTS berhak untuk melakukan penarikan semua Hardware maupun peralatan lainnya yang telah disediakan kepada MERCHANT.
2.1.4 SPOTS berhak untuk mengalihkan hak dan kewajibannya, sebagian maupun keseluruhan kepada Afiliasinya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari MERCHANT.
2.1.5 SPOTS wajib menyediakan Layanan sesuai dengan jenis layanan yang dirinci dalam Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan ini.
2.1.6 SPOTS wajib memberikan POS yang dapat berfungsi dengan baik serta alat pendukung lainnya kepada MERCHANT.
2.1.7 SPOTS dapat sewaktu-waktu memberikan update terbaru baik terhadap Hardware maupun Software.


2.2 Hak dan kewajiban MERCHANT


2.2.1 MERCHANT berhak untuk mendapatkan Layanan sesuai dengan jenis layanan yang dirinci dalam Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan.
2.2.2 MERCHANT berhak untuk mendapatkan dukungan teknis maupun operasional, serta menerima edukasi terkait penggunaan POS.
2.2.3 MERCHANT wajib melakukan pembayaran atas Layanan yang digunakan sebagaimana tercantum dalam Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan ini.
2.2.4 MERCHANT wajib memberikan informasi yang dibutuhkan SPOTS seperti identitas perusahaan/bisnis serta penanggungjawabnya dan informasi mengenai menu, logo, harga maupun keterangan lainnya.
2.2.5 MERCHANT wajib memastikan semua cabangnya untuk menerima semua petugas dari SPOTS dan mengetahui adanya kerja sama ini, serta menginformasikan apabila ada cabang tambahan atau cabang yang ditutup.
2.2.6 MERCHANT wajib mematuhi ketentuan terhadap prosedur penggunaan yang berkaitan dengan POS yang diberikan oleh SPOTS kepada MERCHANT baik itu secara tertulis ataupun pada saat kunjungan pemasangan POS.
2.2.7 MERCHANT wajib berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga dan memelihara dengan baik POS yang berada pada gerai MERCHANT.
2.2.8 MERCHANT wajib untuk sesegera mungkin memberitahukan kepada SPOTS apabila terdapat gangguan/kerusakan/kehilangan terhadap POS.
2.2.9 MERCHANT wajib untuk memiliki seluruh lisensi dan perizinan yang diperlukan untuk terlibat dalam kegiatan usaha penyediaan barang/jasa sesuai dengan bidang usaha MERCHANT.
2.2.10 MERCHANT wajib untuk tidak melakukan kegiatan usaha yang tidak melanggar hukum, peraturan perundang-undangan, ketertiban umum.
2.2.11 Dalam hal pengakhiran Layanan, MERCHANT wajib untuk mengembalikan seluruh Hardware beserta peralatan pendukung lainnya yang diberikan kepada MERCHANT.

3. Biaya dan Pembayaran

3.1 Atas penyediaan Layanan, maka MERCHANT sepakat untuk membayar sejumlah biaya kepada SPOTS sebagaimana tercantum dalam Formulir Pemesanan.


3.2 Semua biaya tersebut di luar PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang akan dibebankan secara terpisah.


3.3 Para Pihak memahami dan sepakat bahwa masing-masing Pihak akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.


3.4 Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan dan persetujuan tertulis terlebih dahulu pada MERCHANT melalui sarana apapun.

4. Kehilangan atau Kerusakan POS

4.1 MERCHANT bertanggung jawab dalam hal terjadi kehilangan atau kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada POS dan dengan ini setuju bahwa MERCHANT akan memberitahukan SPOTS, yang akan bertanggung jawab untuk memperbaiki atau mengganti POS yang hilang atau rusak atas biaya yang harus dibayar oleh MERCHANT sebagaimana diatur pada Syarat dan Ketentuan ini. SPOTS akan memberikan laporan layanan untuk MERCHANT yang mencantumkan deskripsi kerusakan.


4.2 MERCHANT dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan selamanya membebaskan SPOTS dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, kewajiban, tindakan, tuntutan, kerugian, penyelidikan, proses atau putusan yang akan ditimbulkan atau harus dibayar oleh SPOTS sehubungan dengan setiap kehilangan, atau kerusakan atas Peralatan. SPOTS akan menanggung biaya perbaikan POS yang rusak, dengan syarat kerusakan tersebut (sebagaimana diuraikan dalam laporan pemeriksaan yang akan disediakan oleh SPOTS untuk MERCHANT) tidak disebabkan oleh kelalaian, penanganan yang tidak tepat, penyalahgunaan (termasuk penggunaan POS tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, operasional atau spesifikasi pabrikan lainnya yang telah diberitahukan oleh SPOTS kepada MERCHANT atau sebagaimana tercantum dalam petunjuk penggunaan POS atau Dokumentasi atau apabila POS telah dimodifikasi atau digunakan dengan perangkat lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari SPOTS) oleh MERCHANT. MERCHANT tidak bertanggung jawab atas kerusakan POS yang disebabkan oleh penggunaan normal sehari-hari.


Biaya Penggantian POS yang hilang/rusak yang tidak dapat diperbaiki :


Jenis POSBiaya Penggantian
POSRp. 3.000.000,-/POS
Sparepart / PeripheralAkan ditagihkan sesuai dengan sparepart / peripheral yang rusak/hilang

5. Pernyataan dan Jaminan

Masing-masing Pihak menyatakan dan menjamin hal berikut:


5.1 Ia memiliki kewenangan yang sah secara hukum untuk menandatangani Formulir Pemesanan dan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan terkait pelaksanaan Layanan ini serta melaksanakan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan mempunyai segala izin dan persetujuan dalam menjalankan kegiatan usahanya.


5.2 Dalam melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak setuju untuk mematuhi dan bekerja sama satu sama lain untuk mematuhi kebijakan Know Your Customer (KYC) yang diadopsi oleh setiap Pihak sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku, namun tidak terbatas pada mengumpulkan seluruh dokumentasi dan informasi lainnya dari MERCHANT yang diperlukan.


5.3 MERCHANT dengan ini menyatakan persetujuannya untuk dapat menggunakan informasi kontak bisnis MERCHANT, karyawan dan kontraktornya untuk hubungan bisnis dengan SPOTS dan afiliasinya serta untuk memberikan penawaran jasa lainnya.


5.4 MERCHANT tidak memindahkan POS tanpa sepengetahuan dan/atau pemberitahuan ke pihak SPOTS dan/atau memindah tangankan POS ke pihak yang tidak berwenang dan/atau tidak sesuai dengan jenis usaha yang telah diinformasikan.


5.5 MERCHANT tidak mengalihkan hak dan kewajibannya, baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan Layanan ini, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari SPOTS.


5.6 Dalam melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini, masing-masing Pihak tidak menawarkan, menjanjikan, menyetujui dan mengesahkan setiap pembayaran atau pemberian, baik secara langsung maupun tidak langsung, barang atau materi yang memiliki nilai (termasuk namun tidak terbatas pada hadiah, hiburan, makanan, diskon atau kredit pribadi, atau manfaat lainnya yang tidak dibayarkan pada nilai pasar) yang mempunyai tujuan atau efek penyuapan dan korupsi yang berlaku di Indonesia atau peraturan dan hukum yang melarang setiap tindakan yang melanggar hukum untuk tujuan mendapatkan manfaat komersil bisnis.

6. Ganti Rugi dan Pembatasan Tanggung Jawab

6.1 MERCHANT dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan selamanya membebaskan SPOTS dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, kewajiban, tindakan, tuntutan, kerugian, penyelidikan, proses atau putusan yang akan ditimbulkan atau harus dibayar oleh SPOTS sehubungan dengan:


6.1.1 tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah apapun yang dilakukan dengan menggunakan Hardware dan/atau Software yang disediakan oleh SPOTS kepada MERCHANT, baik tindakan tersebut dilakukan oleh MERCHANT (sebagaimana adanya) atau perwakilan, agen, karyawan atau kontraktornya.
6.1.2 setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau ilegal terhadap Informasi Rahasia dari MERCHANT dan/atau pelanggan MERCHANT yang terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaian SPOTS.
6.1.3 setiap tindakan kelalaian atau yang disengaja atau kealpaan oleh MERCHANT (sebagaimana adanya) atau Perwakilannya masing-masing.
6.1.4 segala pelanggaran atas ketentuan Layanan oleh MERCHANT dan tidak terbatas atas pelanggaran peraturan perundang –undangan untuk pelaksanaan penggunaan layanan/jasa. dan
6.1.5 setiap kehilangan, atau kerusakan atas Hardware dan Software maupun POS atau kerugian langsung.


6.2 Kewajiban SPOTS atas setiap klaim yang diajukan sehubungan dengan pemberian Layanan tidak akan melebihi jumlah yang setara dengan keseluruhan biaya yang dibayarkan oleh MERCHANT kepada SPOTS sehubungan dengan pemberian Layanan dalam periode 1 (satu) tahun sebelum terjadinya pelanggaran.


6.3 MERCHANT setuju untuk melepaskan SPOTS dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga. MERCHANT wajib untuk memberitahu SPOTS sesegera mungkin jika MERCHANT mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga SPOTS dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.


6.4 SPOTS tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, insidental atau hilangnya data, peluang pendapatan, keuntungan, gangguan usaha atau biaya asuransi terlepas dari apakah kerugian tersebut dapat diduga atau salah satu Pihak memperkirakan atau telah diberitahu akan kemungkinan kerugian tersebut.


6.5 SPOTS tidak bertanggung jawab atas klaim, pengeluaran, kewajiban, ganti rugi atau biaya lainnya yang muncul akibat dari pelanggaran oleh MERCHANT terhadap ketentuan apapun dari Perjanjian termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan Hardware dan Software yang disediakan oleh SPOTS yang dipadankan dengan peralatan, perangkat lunak atau layanan lain, penggunaan mana belum disetujui oleh SPOTS atau adanya modifikasi atau perubahan Hardware dan Software yang disediakan oleh SPOTS yang tidak sah.

7. Hak dan Kekayaan Intelektual (HAKI)

7.1 Nama, logo, merek, atau segala jenis HAKI lainnya yang merupakan milik masing-masing Pihak tetap menjadi milik masing-masing Pihak.


7.2 MERCHANT dilarang menggunakan nama, logo, merek, atau segala jenis HAKI lainnya yang dimiliki oleh SPOTS tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari SPOTS.

8. Penilaian Kerjasama

8.1 SPOTS berhak atas kebijakannya sendiri, mempertimbangkan kelanjutan penyediaan Layanan kepada MERCHANT apabila terjadi hal-hal berikut:


8.2 MERCHANT tidak menunjukkan itikad baik dengan tidak mematuhi Formulir Pemesanan, Syarat dan Ketentuan yang diberikan kepada MERCHANT.


8.3 Dalam hal MERCHANT memilih untuk menggunakan Layanan GoPay/GoBiz:


8.4 Apabila dalam waktu 7 (tujuh) hari tidak terdapat Transaksi, SPOTS akan melakukan follow up kepada MERCHANT terkait penggunaan Layanan. Jika kemudian MERCHANT memutuskan untuk memberhentikan layanan, maka dengan kebijakan SPOTS dapat memberhentikan Layanan.


8.5 Apabila tidak terdapat konfirmasi dari MERCHANT dan keadaan tidak terdapat Transaksi berlangsung selama 14 (empat belas) hari, SPOTS dapat sewaktu-waktu memberhentikan Layanan dan melaksanakan pengakhiran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Dalam hal ini, MERCHANT dibebaskan dari biaya harian selama tidak terdapat Transaksi tersebut.

9. Konsekuensi dan Pengakhiran

9.1 Dalam hal MERCHANT memutuskan untuk memberhentikan Layanan, MERCHANT dapat menghubungi call center selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum pengakhiran.


9.2 Pengakhiran dapat dilakukan apabila salah satu pihak mengalami pailit.


9.3 Pada habisnya masa berlaku atau pengakhiran dari Layanan sesuai dengan ketentuan Syarat dan Ketentuan, SPOTS berhak melakukan penarikan semua Hardware, Software, dan peralatan lainnya, telah disediakan kepada MERCHANT, atau salinan yang diperkenankan, sehubungan dengan penyediaan Layanan. MERCHANT wajib memberikan keterangan lengkap yang dibutuhkan, termasuk tetapi tidak terbatas pada lokasi Peralatan, dan kontak dari penanggung jawab. Untuk menghindari keragu-raguan, kegagalan MERCHANT dalam memberikan keterangan tersebut tidak menghalangi SPOTS dalam melaksanakan haknya berdasarkan Perjanjian.


9.4 Dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah pengakhiran Layanan, SPOTS akan memberikan tagihan atas seluruh jumlah yang harus dibayarkan oleh MERCHANT berdasarkan Formulir Pemesanan. MERCHANT akan membayar jumlah tertagih dalam waktu 14 (empat belas) Hari Kerja sejak penerimaan tagihan.


9.5 Apabila diminta oleh SPOTS secara tertulis, MERCHANT akan mengembalikan semua Hardware, Software dan peralatan lainnya dan semua materi lain yang telah disediakan oleh SPOTS, termasuk salinan yang di izinkan, dan menghapuskan seluruh Software milik SPOTS dan materi lain dari sistemnya. Setelah pengembalian atau penghapusan tersebut, MERCHANT juga akan menerbitkan sertifikat tertulis kepada SPOTS sebagai konfirmasi pengembalian dan/atau penghapusan semua hak milik dan informasi dari SPOTS (yang mana yang berlaku), termasuk Hardware, Software dan peralatan lainnya.


9.6 Dalam hal Layanan diakhiri, seluruh kewajiban dari tiap Pihak berdasarkan Formulir Pemesanan, Syarat dan Ketentuan akan berakhir dan tidak ada Pihak yang dapat mengajukan tuntutan terhadap Pihak lain sehubungan dengan hal apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan Layanan ini kecuali untuk (a) pelanggaran kewajiban sebelumnya berdasarkan Layanan ini; dan (b) kewajiban atas Biaya yang harus dibayarkan oleh Pihak yang bersangkutan berdasarkan Layanan ini.


9.6 Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga pengakhiran yang dimaksud dapat dilakukan tanpa memerlukan putusan pengadilan dan cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis dari masing-masing Pihak.

10. Kerahasiaan

10.1 “Informasi Rahasia” adalah data dan informasi-informasi yang :


10.1.1 Diberikan oleh SPOTS kepada MERCHANT, ataupun oleh MERCHANT kepada SPOTS, sehubungan dengan pelaksanaan pemberian Layanan dari SPOTS kepada MERCHANT ini, merupakan hak milik dari, mengenai atau dibuat oleh salah satu Pihak.
10.1.2 Mengenai salah satu Pihak yang memberikan Pihak tersebut suatu manfaat bisnis.
10.1.3 Atau kesempatan untuk memperoleh manfaat tersebut atau pengungkapan dari hal mana dapat merugikan kepentingan Pihak tersebut.


10.2 Informasi Rahasia tidak termasuk informasi yang :


10.2.1 Telah dikuasai oleh Pihak yang menerima informasi tersebut sebelum pengungkapan oleh Pihak lainnya.
10.2.2 Telah dikembangkan sendiri oleh Pihak yang menerima informasi.
10.2.3 Diterima oleh salah satu Pihak dan pihak ketiga tanpa adanya kewajiban untuk merahasiakan, atau
10.2.4 Menjadi tersedia bagi masyarakat umum tanpa adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.


10.3 Masing-masing Pihak sepakat untuk tidak mengungkapan Informasi Rahasia apapun dari Pihak lainnya ke pihak ketiga lainnya tanpa memperoleh terlebih dahulu persetujuan dari Pihak lainnya tersebut dan akan mengambil langkah-langkah yang dinilai wajar guna mencegah pengungkapan Informasi Rahasia tersebut. Masing-masing Pihak sepakat untuk tidak menggunakan, menggandakan atau mengalihkan Informasi Rahasia milik Pihak lainnya selain daripada yang diperlukan dalam melaksanakan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini, tanpa memperoleh terlebih dahulu persetujuan dari Pihak lainnya, dan akan melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang dinilai wajar guna mencegah terjadinya penggunaan, penggandaan atau pengalihan atas Informasi Rahasia tersebut.


10.4 Masing-masing Pihak sepakat bahwa akses terhadap Informasi Rahasia hanya akan diberikan kepada Direktur, karyawan, akuntan dan/atau penasehat, Afiliasi atau agen masing-masing Pihak, yang memerlukan akses terhadap Informasi Rahasia untuk kepentingan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini dan dengan basis Need to Know masing-masing Pihak bertanggung jawab atas penggunaan Informasi Rahasia oleh pihak-pihak tersebut di atas.


10.5 SPOTS berhak untuk mengungkapkan Informasi Rahasia jika diwajibkan atau diminta atas perintah pengadilan atau oleh otoritas pemerintah manapun.

11. Keadaan Memaksa (Force Majeur)

11.1 Dalam hal terjadi Keadaan Memaksa, makan pihak yang mengalami hal tersebut wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya mengenai terjadinya Keadaan Memaksa tersebut selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal terjadinya Keadaan Memaksa. Segera setelah diterimanya pemberitahuan tertulis tentang adanya Keadaan Memaksa tersebut, Para Pihak akan mengadakan musyawarah untuk menentukan akibat dari kejadian tersebut serta cara penyelesaiannya.


11.2 Kelalaian atau keterlambatan dalam memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud di atas oleh pihak yang mengalami Keadaan Memaksa mengakibatkan tidak diakuinya keadaan yang menimpa pihak tersebut sebagai Keadaan Memaksa.

12. Yuridiksi

12.1 Hubungan hukum yang timbul berdasarkan Layanan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.


12.2 Segala perselisihan yang timbul dari Layanan ini, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya sengketa.


12.3 Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan di atas, Para Pihak dengan ini sepakat untuk menyelesaikannya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

13. Pengembalian

13.1 Pembayaran yang sudah dilakukan tidak dapat dikembalikan atau bersifat non-refundable.