HOME / 5 Ide Usaha Kuliner di Solo yang Menarik!

5 Ide Usaha Kuliner di Solo yang Menarik!

Kota Solo memiliki banyak kawasan wisata, wisata kuliner adalah sektor yang paling banyak digandrungi. Banyak usaha kuliner di Solo yang didatangi oleh pelanggan.

Hal ini banyak memancing wirausahawan untuk membangun usaha kuliner di kota Batik ini. Sejalan dengan itu, Rony Prasetyo, Ketua Forum UMKM Surakarta, membeberkan bahwa total ada 122 UMKM yang bergabung sejak tahun 2017. Sekitar 60% dari semua UMKM tersebut bergerak di bidang kuliner.

Untuk membangun sebuah usaha kuliner di Solo, ada dua aspek yang harus Anda pikirkan. Aspek pertama adalah jenis kuliner macam apa yang Anda akan tawarkan. Aspek kedua adalah bentuk usaha seperti apa yang ingin Anda bangun. Artikel ini akan membahas dua hal tersebut.

Jenis-jenis Kuliner yang laris di Solo

Jenis-jenis kuliner bisa ditarik tiga garis besar, yaitu minuman, makanan, dan cemilan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kuliner seperti apa yang harusnya ditawarkan. Berikut adalah jenis-jenisnya yang barangkali menginspirasi anda:

Minuman Khas Solo

Jika Anda pergi ke Solo, mampirlah ke Gladag Langen Bogan atau sering disingkat Galabo. Galabo dibuka hanya saat malam hari. Di sana banyak sekali jajanan, terutama minuman khas Kota Solo yang sering jadi incaran.

Dari semua minuman khas kota Solo, Wedang Asle adalah minuman yang paling banyak dicari. Minuman hangat ini terbuat dari nasi ketan. Ada pula Wedang Dawet Gempol Pleret yang terbuat dari tepung beras, ketan, dan gula merah.

Minuman sehat lainnya adalah jamu beras kencur yang menyehatkan. Semua minuman hangat tersebut sangatlah cocok untuk diminum pada malam hari sambil menikmati suasana lengang Kota Solo di malam hari.

Kota Solo saat malam hari cukuplah indah, oleh karena itu banyak sekali orang-orang yang menjelajahi Kota Solo di malam hari serta menyempatkan mampir menghangatkan diri dengan mencari minuman-minuman hangat khas Kota Solo.

Jadi, untuk membuka usaha kuliner di Kota Solo, membangun usaha minuman khas Solo adalah salah satu usaha yang memiliki potensi akan banyak disukai.

Makanan Khas Solo

Kota Solo memiliki banyak sekali makanan khas. Mulai dari makanan berkuah seperti Mie Ayam Solo, Bestik Solo, Sop Manten, dan Bakso Solo.

Ada pula makanan berbahan daging seperti Sate Kambing, Timlo Solo, Sate Kere, Kambing Guling, Tengkleng, Sate Buntel, dan Gudeg Ceker. Tak luput juga makanan-makanan lain seperti kudapan yang cocok untuk sarapan, antara lain Cabuk Rambak, Selat Solo, Bakmi Ketoprak, Nasi Liwet, Nasi Gudeg, dan Pecel Solo.

Baca Juga:  Apa Itu PO(Purchase Order) & Manfaatnya untuk Usaha

Makanan-makanan tersebut layaknya tak lekang oleh waktu, banyak dari beberapa warung yang telah puluhan tahun berdiri dan sukses dalam membuka usaha kuliner dari macam-macam makanan tersebut. Membuka usaha kuliner di Kota Solo dengan menawarkan jenis-jenis makanan khas Kota Solo adalah pilihan yang tepat jika ingin menggaet banyak pelanggan. 

Jajanan Khas Solo

Saat jalan-jalan ke Solo, oleh-oleh berupa jajanan adalah hal wajib untuk dibeli. Maka dari itu, jajanan atau cemilan khas Kota Solo banyak dicari oleh para wisatawan luar Kota Solo.

Jajanan khas Kota Solo yang banyak dibeli adalah Roti Mandarin, Sosis Solo, Srabi Solo, dan Intip. Jika Anda ingin membuka sebuah usaha kuliner di Kota Solo, Anda bisa mencoba membuka usaha jajanan khas Solo seperti disebutkan di atas.

Bentuk Usaha Kuliner

Banyak usaha kuliner di Solo yang dibangun hanya berupa sebuah angkringan saja namun berhasil menarik banyak pelanggan tetap. Ada pula yang berupa restoran dan bahkan prasmanan yang bisa Anda pilih.

Lalu, bentuk usaha seperti apa yang seharusnya Anda bangun? Semua bentuk usaha ada pertimbangannya. Anda bisa menelisik lebih jauh dari penjelasan berikut:

Angkringan

Banyak usaha kuliner di Solo berbentuk sebuah angkringan yang didirikan di pinggir jalan. Konsep seperti ini banyak dijumpai dengan jenis-jenis makanan tradisional.

Kebanyakan angkringan di Solo berdiri sejak lama, sehingga mereka memiliki banyak pelanggan tetap. Selain itu, jika ingin membangun sebuah angkringan juga butuh pertimbangan lebih jauh seperti perizinan, jenis-jenis makanan yang ditawarkan, dan juga target pasarnya.

Restoran

Selain angkringan, banyak juga usaha yang dibangun dalam bentuk rumah makan ataupun warung sederhana baik berupa prasmanan maupun tidak. Pastinya, membuka usaha seperti ini juga untuk menarik pelanggan-pelanggan tertentu.

Jika Anda ingin membuka usaha kuliner berupa restoran atau warung makan sederhana, pertimbangkan pula lokasinya. Apabila dekat dengan lokasi yang strategis seperti tempat wisata, pembangunan sebuah restoran juga akan menarik banyak peluang tempat usaha Anda akan ramai oleh pengunjung.

Nah, dari semua peluang usaha kuliner di Solo yang disebutkan, Anda bisa merancang konsep usaha yang akan Anda bangun berdasarkan budaya dan kebiasaan orang-orang Solo.

Anda bisa lihat dari jenis kuliner yang Anda akan tawarkan dan juga bentuk pelayanan usaha kuliner yang akan Anda bangun. Jadi, konsep usaha kuliner seperti apa yang akan ada bangun di Kota Solo? Selamat mencoba!

Share this article:

Related article

5 Usaha Kuliner di Bandung yang Potensial & Menguntungkan

Kota Bandung dijuluki sebagai kota Paris-nya Indonesia, karena terkenal dengan kesejukan udara...

4 Peluang Usaha Kuliner di Jogja Sangat Menjanjikan!

Semua orang di Indonesia tentunya mengenal Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja....