HOME / 12 Tips Mudah Agar Cafe Anda Ramai Pelanggan

12 Tips Mudah Agar Cafe Anda Ramai Pelanggan

Bisnis cafe yang baru saja Anda dirikan sudah berjalan beberapa bulan, tapi belum mendapatkan banyak konsumen? Setelah sebelumnya Anda telah susah payah dalam mengumpulkan modal, memilih nama café, mendesain menu dan logo, merancang eksterior dan interior café, serta menyiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan.

Semua itu membutuhkan perjuangan yang luar biasa hingga café dapat berdiri untuk melayani konsumen. Lalu apakah semuanya berhenti sampai disitu saja? Tentu tidak. Masih banyak tahap yang harus Anda lalui.

Tips Agar Cafe Ramai Pelanggan

Pasti Anda memiliki target agar café Anda ramai oleh pengunjung. Café ramai artinya adalah pemasukan bagi Anda. Pemasukan yang tinggi akan menjamin keberhasilan Anda. Namun bertarung di dunia kuliner bukan hal yang mudah.

Hal ini dikarenakan oleh semakin menjamurnya café-café di ibukota sehingga persaingan juga semakin ketat. Oleh karena alasan itulah Anda harus mempunyai strategi terbaik untuk membuat café Anda ramai. Jadi apa saja tips agar café ramai? Simak ulasannya.

1. Membuat Konsep Café Yang Unik

Agar ramai, café Anda harus mempunyai konsep yang unik. Konsep di sini maksudnya adalah ciri khas yang dimiliki oleh café Anda. Ciri khas apa yang akan Anda ciptakan dalam café Anda? Tema apa yang akan Anda angkat sebagai image café Anda di hadapan konsumen? Konsep bisa berarti tampilan café atau penyajian hidangan makanan pada café Anda. Itulah yang perlu Anda pikirkan agar café Anda ramai dikunjungi oleh konsumen.

2. Mempercantik Tampilan Eksterior Café

Hal lain yang dapat menarik konsumen baru agar mau datang dan bersantap di café Anda adalah mempercantik tampilan eksterior café Anda. Tampilan eksterior yang cantik tentu akan memikat serta membuat penasaran khalayak yang lewat di depan café Anda.

Data survey yang diambil dari penggemar kuliner dan pencinta coffee shop adalah sebagian besar dari mereka menemukan café baru saat tak sengaja melihat atau lewat di depannya.

Jadi langkah yang dapat Anda ambil adalah dengan mempercantik tampilan eksterior café Anda. Dengan penampilan eksterior yang cantik, maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk datang.

Baca Juga:  Cara Menghitung Diskon & Manfaatnya untuk Usaha

3. Bagikan Sample Makanan dan Brosur

Salah satu trik jitu untuk menarik konsumen datang adalah dengan membagikan sample makanan gratis di depan café Anda. Sample makanan bisa berupa hidangan spesial khusus hari itu.

Ketika konsumen menerima sample makanan yang Anda bagikan, jangan lupa untuk memberikannya brosur. Brosur bisa berarti promo menu Andalan yang ada di café Anda. Usahakan ajak mereka mengobrol sehingga pada akhirnya mereka masuk dan duduk bersantap di café Anda.

4. Ciptakan Menu Yang Lezat dan Otentik

Pada umumnya sebuah café ramai dikunjungi oleh konsumen karena café tersebut memiliki hidangan yang lezat. Makanan yang menggugah selera tentunya akan membuat café Anda digandrungi oleh banyak konsumen. Jadi pastikan Anda menyajikan hidangan yang lezat.

Selain itu hidangannya juga harus otentik dan memiliki ciri khas sendiri. Percuma saja jika segala hal di cafe Anda sudah sempurna, namun hidangan di café Anda tidak enak. Konsumen akan lari. Jadi perhatikan cita rasa dan kelezatannya.

5. Berikan Promo atau Diskon

Hampir semua orang dari kelas sosial manapun suka dengan promo diskon. Jadi jangan pernah lewatkan untuk menyelenggarakan promo diskon seperti menyebar voucher, kupon, dan sebagainya agar banyak orang tertarik untuk datang ke café Anda.

Berikan voucher kepada konsumen Anda yang baru pertama kali berkunjung atau yang sudah menjadi konsumen setia. Frekuensi berkunjung konsumen setia Anda bisa didata menggunakan sistem Point of Sale.

6. Promosi Rutin di Sosial Media

Di dunia modern saat ini, hampir semua orang memiliki akses ke internet. Selain itu hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan sosial media. Ini peluang Anda untuk mempromosikan café Anda. Mulailah dengan memperkenalkan café Anda di Facebook, Instagram, atau Twitter.

Ceritakan suasana café Anda dan hal menarik apa yang akan didapatkan oleh konsumen jika bersantap di café Anda. Berikan foto-foto berkualitas terbaik untuk mendukung cerita Anda. Selain suasana café, Anda juga harus mempromosikan menu-menu yang Anda miliki melalui cerita maupun gambar.

1 2

Share this article:

Related article

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha & Contohnya

Laba dalam sebuah bisnis merupakan hal yang menjadi tujuan utama untuk menjaga keberlangsungan...

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Terlepas dari jenis usaha yang Anda jalankan, menerapkan strategi promosi penjualan yang...