HOME / 9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Terlepas dari jenis usaha yang Anda jalankan, menerapkan strategi promosi penjualan yang tepat adalah penting. Hal ini dikarenakan melalui strategi tersebut, Anda akan menyusun hal-hal yang perlu dilakukan guna meningkatkan profit usaha. 

Lebih dari itu, strategi penjualan yang terencana dengan baik juga akan memudahkan Anda mencapai target penjualan, terlebih saat kondisi ekonomi melemah dan memperlambat laju penjualan usaha Anda.

Tentu saja, strategi promosi penjualan tidak dapat berjalan sendirian tanpa kualitas produk dan layanan pelanggan yang baik. Secara sederhana, ketika produk yang dijual terbukti berkualitas, dengan ditambah promosi penjualan yang tepat, maka minat beli atas produk tersebut pun meningkat. 

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Hal ini juga berlaku pada kualitas layanan yang diberikan untuk pelanggan. Berikan pelayanan dengan ramah, cepat, serta memudahkan transaksi jual-beli, sehingga usaha Anda dapat memenangkan persaingan pasar.

Jika dua hal tersebut sudah terlaksana dengan baik, maka dengan menyusun strategi promosi penjualan ini Anda juga dapat mempertahankan pelanggan lama sambil menarik pelanggan baru. 

Dengan begitu, tidak hanya penjualan yang ditingkatkan, tetapi juga brand awareness dan kredibilitas atas usaha tersebut. Lantas, apa saja strategi promosi penjualan yang bisa diterapkan pada usaha Anda?

1. Diskon besar-besaran

Memberikan potongan harga atau diskon besar-besaran adalah jurus terjitu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan. Pemberian diskon dalam jumlah besar tentu akan menarik perhatian pelanggan Anda. Namun demikian, sebelum menerapkan promosi penjualan yang satu ini, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dulu tentang persentase diskon yang bisa diberikan. 

Misalnya, Anda bisa mulai mencoba strategi promosi penjualan dengan diskon kecil dari 5 – 10%. Penawaran ini tentu lebih aman dan memengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian produk.

Sebaliknya, ketika Anda menerapkan promosi penjualan untuk menghabiskan stok lama, maka diskon kecil tersebut tidak lagi menarik bagi pelanggan. Untuk itu, diperlukan pemberian diskon besar-besaran, misalnya sebesar 25 – 70% atau bahkan lebih agar seluruh barang-barang lama di ruang penyimpanan laris terjual habis.

2. Flash sale

Belakangan promosi penjualan flash sale sangat diburu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Promosi dalam jangka waktu terbatas ini biasanya diterapkan untuk produk elektronik, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa diterapkan untuk jenis produk lainnya. 

Karena terbatas waktu, maka pelanggan pun akan semakin tertarik melakukan pembelian dengan cepat. Strategi ini memikat urgensi dan rasa takut pelanggan akan kehilangan produk-produk tertentu.

Anda bisa menerapkan promosi penjualan melalui flash sale dengan rentang waktu antara 30 hari hingga 24 jam. Namun, beberapa brand besar justru menerapkan waktu terbatas untuk promosi ini hanya dalam 24 jam. 

Hal ini dilakukan terutama saat sebuah brand memperkenalkan jenis produk baru, membumbui promosi penjualan dengan flash sale tentu akan semakin menarik minat pembelian dalam jumlah besar di waktu yang sangat singkat.

3. Special prices

Promosi penjualan yang satu ini sepintas mirip dengan promo potongan harga. Namun, secara psikologis promosi special prices jauh lebih menarik perhatian pelanggan. Anda bisa mencantumkan batasan waktu pembelian bagi pelanggan yang ingin mendapatkan produk dengan harga spesial tersebut. 

Misalnya, sebuah produk biasa dibanderol dengan harga Rp200.000, maka ketika Anda mengadakan promosi special prices harganya bisa jauh lebih murah menjadi Rp120.000 hanya dalam kurun waktu 48 jam saja.

Penawaran harga spesial lainnya juga bisa diterapkan untuk metode pembayaran tertentu. Terlebih saat ini di Indonesia, masyarakatnya sudah semakin akrab dengan metode pembayaran non-tunai

Anda bisa memberikan harga spesial untuk metode pembayaran dengan menggunakan GoPay, misalnya. Untuk memastikan kenyamanan pelanggan saat bertransaksi, pastikan Anda sudah menyediakan aplikasi kasir online yang mendukung transaksi pembayaran non-tunai dengan lebih baik.

4. Gratis ongkos kirim

Apabila usaha Anda berjalan secara online, baik melalui situs website pribadi, media sosial, maupun e-commerce, maka strategi promosi penjualan yang satu ini sangat layak untuk dipertimbangkan. 

Promosi gratis ongkos kirim ini sangat diminati oleh pelanggan Anda, terutama jika mereka tinggal jauh dari tempat usaha tersebut. Dengan gratis ongkos kirim, maka mereka tidak lagi merasa dibebani dengan biaya pengiriman dan hanya membayar untuk produk yang dibeli saja.

Di sisi lain, penerapan strategi promosi penjualan yang satu ini juga berpotensi meningkatkan penjualan hingga berlipat ganda. Pasalnya, promosi gratis ongkos kirim akan memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih banyak lagi. 

Terlebih jika promosi penjualan tersebut hanya berlaku untuk nominal minimum pemesanan tertentu. Maka bukan tidak mungkin profit usaha Anda akan meningkat drastis.

5. Buy one get one free

Promosi penjualan buy one get one free mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Meski terdengar klasik, strategi ini masih sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan profit usaha. Jenis kesepakatan penjualan ini akan menimbulkan efek ‘kecanduan’ belanja pada pelanggan Anda. 

Baca Juga:  Loyalitas Pelanggan & Cara Kreatif Meningkatkannya

Membayar satu item untuk mendapatkan dua produk dengan harga yang sama akan membuat pelanggan Anda berbelanja lagi dan lagi. Jenis promosi ini secara tidak langsung akan mengikat pelanggan pada brand usaha Anda.

Untuk menerapkannya pun tidaklah rumit. Anda bisa memberikan buy one get one free untuk produk-produk tertentu, atau ketika Anda berencana untuk memperkenalkan varian baru atas produk yang ditawarkan. Melalui promosi buy one get one free, maka penjualan pun dapat meningkat cukup pesat di waktu yang relatif singkat.

6. Sampel gratis

Apakah Anda memiliki produk baru yang ingin dijual? Berikan sampel gratis untuk pelanggan Anda! Ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendorong pelanggan membeli produk yang mungkin belum dipertimbangkan sebelumnya. 

Promosi penjualan dengan sampel gratis sangat kompatibel diterapkan untuk usaha kuliner. Anda bisa memberikan tester kepada pelanggan untuk mencicipi menu baru di restoran. Percayalah, orang-orang cenderung menyukai sesuatu yang bisa dicicipi sebelum dibeli.

Pemberian sampel gratis ini juga bisa digunakan oleh pemilik usaha di bidang kecantikan. Anda bisa memberikan sampel lotion atau memberi tester parfum pada pelanggan yang berkunjung ke toko Anda. 

Biarkan mereka mencoba wangi baru atau tekstur lotion baru yang ditawarkan oleh brand Anda. Meski mungkin mereka tidak langsung melakukan pembelian, bukan tidak mungkin saat membutuhkan produk tersebut mereka akan teringat dengan tester atau sampel yang pernah Anda berikan.

7. Buat program giveaway

Perkembangan teknologi digital seperti saat ini menghadirkan strategi promosi penjualan kekinian yang efektif, yaitu giveaway. Strategi ini dapat diterapkan terutama jika usaha Anda memiliki target pelanggan di usia remaja yang menyukai kompetisi. 

Bahkan Google Primer menunjukkan data bahwa 75% dari peserta giveaway tersebut nantinya bisa menjadi pelanggan usaha Anda di masa mendatang. Jadi, strategi promosi penjualan dengan giveaway ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif cara untuk meningkatkan profit usaha Anda.

Sebelum giveaway dimulai, pastikan Anda sudah mempromosikannya ke berbagai platform online. Mulai dari posting di feed media sosial, menjalankan iklan, maupun newsletter. Tetapkan waktu yang tepat agar Anda mendapatkan banyak peserta.

Hadiah yang diberikan untuk pemenang pun dapat beragam. Mulai dari voucher diskon untuk berbelanja di toko Anda maupun gratis produk tertentu yang memiliki banyak peminat.

8. Promosi musiman

Bagi para pengusaha, terdapat beberapa musim penjualan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di Indonesia sendiri, promosi musiman ini bisa diberlakukan menjelang peringatan hari besar. 

Misalnya, memanfaatkan momen bulan Ramadhan, perayaan Idul Fitri dan Natal, hingga peringatan kemerdekaan Indonesia. Musim-musim ini sangat penting untuk diperhatikan dalam menetapkan strategi promosi penjualan.

Anda bisa memberikan penawaran produk-produk yang dibutuhkan tepat di momen peringatan tersebut. Anda bahkan bisa membuat koleksi produk khusus yang hanya akan dipasarkan saat musim-musim tertentu. 

Promosi musiman ini bisa diterapkan beberapa minggu sebelum perayaan berlangsung, atau mungkin selama satu bulan penuh untuk bulan Ramadhan. 

Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang promo musiman ini melalui banner atau iklan di media cetak dan online, sehingga pelanggan mengetahui program promosi yang sedang berlangsung.

9. Program loyalitas pelanggan

Satu lagi promosi penjualan yang bisa membantu Anda meningkatkan profit usaha, yaitu dengan mengadakan program loyalitas pelanggan. Program ini dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama, sambil menarik minat beli dan meningkatkan loyalitas pelanggan baru. 

Anda bisa menyediakan kartu member (member card) dimana masing-masing pelanggan bisa mendapatkan poin di setiap pembelanjaan. Poin tersebut dapat ditukarkan hadiah atau voucher belanja ketika sudah mencapai nilai tertentu.

Kartu member ini juga akan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan brand usaha Anda. Untuk semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, sebagai pengusaha Anda juga bisa memberikan diskon atau potongan harga ekstra kepada pelanggan yang memegang kartu member tersebut. 

Jika mereka memberikan referensi untuk kerabat lain, maka Anda juga bisa memberinya poin tambahan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung sebagai member, maka semakin besar pula peluang usaha Anda untuk memenangkan persaingan pasar.

Karena sebuah penjualan yang berjalan tanpa rencana adalah bencana, maka sudah seharusnya sebagai pengusaha Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan promosi penjualan. 

Hal ini penting guna memastikan perolehan omzet dalam jumlah besar, yang juga berarti besarnya profit yang akan diperoleh. Beberapa strategi promosi penjualan yang sudah disebutkan tadi tentu sangat bisa diterapkan untuk usaha Anda. Pilih strategi promosi penjualan yang sesuai dengan target market dan budget marketing usaha Anda. 

Penerapan strategi penjualan yang tepat akan menjadi kereta cepat yang membawa usaha Anda berkembang pesat. Dalam waktu singkat, dapatkan omzet yang besar untuk usaha Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih promosi penjualan yang sesuai dengan target market Anda dan tingkatkan profit usaha semaksimal mungkin. Good luck!

Share this article:

Related article

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha & Contohnya

Laba dalam sebuah bisnis merupakan hal yang menjadi tujuan utama untuk menjaga keberlangsungan...

7 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil

Memulai usaha kecil memang banyak tantangannya pada tahapan awalnya. Tidak hanya dalam urusan...