HOME / 7 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Usaha Kuliner

7 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Usaha Kuliner

Sekitar 20 tahun yang lalu, penduduk yang memiliki koneksi internet hanya sebesar kurang dari 1 (satu) persen. Saat ini, menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, lebih dari 4 miliar orang sudah menggunakan internet. Tingkat penetrasi internet saat ini sudah sebesar 53%, jumlah ini bisa menjadi satu alasan kuat bahwa Anda harus menggunakan strategi pemasaran pada usaha kuliner Anda.

Hal ini tentunya sangat mempengaruhi industri F&B (food and beverages) dimana sebagian besar populasi online ini sudah mulai mencari dan menemukan restoran secara online.

Populasi pengguna sebanyak ini mencari menu, membandingkan harga, membaca ulasan (review) sebelum pergi ke restoran atau bahkan memesan makanan juga secara online menggunakan layanan-layanan pesan antar yang dipesan online.

Dikutip dari sebuah survei yang diadakan Adweek pada tahun 2016, sebanyak 25% orang memiliki setidaknya satu aplikasi restoran di ponsel mereka. Survei lainnya juga mengatakan, sebesar 85% dari mereka yang mencari makanan melalui ponsel mereka melanjutkan untuk menyelesaikan pemesanan menggunakan media yang sama.

Namun, konsumen tersebut tidak berhenti hanya setelah menemukan restoran yang mungkin mereka sukai, atau setelah melakukan pemesanan.

Para konsumen di era modern ini yang telah diberdayakan teknologi juga dengan sangat mudah dapat membantu kesuksesan suatu restoran atau justru malah dapat menyusahkan restoran tersebut secara tidak langsung.

Hanya dengan memberikan ulasan online atau dengan berbagi pengalaman pada media sosial mereka, restoran Anda dapat meningkatkan popularitas dan jumlah pelanggan atau malah menjadi sepi.

Tidak hanya seputar kualitas dan rasa dari menu-menu yang Anda tawarkan, layanan serta suasana restoran Anda juga bisa menjadi tolak ukur yang sangat penting pada ulasan-ulasan tersebut.

Strategi pemasaran untuk Usaha Kuliner

Dengan banyaknya pelanggan yang memilih untuk menggunakan berbagai bentuk teknologi ketika mencari dan memesan makanan, bagaimana Anda melakukan strategi pemasaran pun juga harus berubah. Terlebih lagi, usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang paling banyak diminati saat ini.

Untuk dapat bertahan dan berkembang di pasar kuliner saat ini dengan banyaknya pemain dan tingkat persaingan yang tinggi, Anda memerlukan strategi pemasaran yang komprehensif yang juga akan memberikan dampak yang tinggi yang sesuai dengan pola perilaku pelanggan Anda saat ini.

Dengan strategi pemasaran yang sesuai, Anda dapat membangun identitas brand Anda, meningkatkan kesadaran (awareness), memperluas dan memperkuat jangkauan Anda, mendorong keterlibatan pelanggan Anda, serta memperbanyak pelanggan dan transaksi Anda pada akhirnya.

  1. Daftar Platform Pencarian Restoran
  2. Manfaatkan SEO
  3. Bentuk Review yang Baik
  4. Gunakan Media Sosial
  5. Pasang Iklan di Facebook & Google
  6. Kerjasama dengan Ekspedisi
  7. Kirimkan E-mail Newsletter

Berikut ini, kami uraikan beberapa ide dan strategi pemasaran restoran yang dapat membantu Anda untuk menyusun rencana pemasaran restoran yang efektif yang akan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi lebih sukses!

1. Daftarkan Usaha Anda pada Platform Layanan Pencarian Restoran

Situs serta aplikasi pencarian dan penemuan restoran dan portal ulasan online seperti Zomato digunakan secara luas oleh para penikmat kuliner untuk mencari dan menemukan restoran-restoran. Selama bertahun-tahun, platform-platform ini telah menjadi tempat bagi pengguna online untuk mencari dan menemukan restoran favoritnya.

Selain layanan pencarian atau direktori restoran, ada juga platform-platform yang berfokus pada layanan pemesanan restoran serta platform yang mengumpulkan ulasan-ulasan online dari para penikmat kuliner.

Di Indonesia, sudah banyak situs dan aplikasi yang menawarkan layanan-layanan tersebut seperti Zomato dari India yang sudah masuk ke Indonesia semenjak tahun 2013 lalu, dan banyak lagi startup lokal yang sudah mulai menawarkan usaha serupa.

Lihatlah daftar terbaik platform-platform terbaik yang bisa Anda pergunakan untuk memasarkan restoran Anda di sini!

Dengan mendaftarkan usaha Anda pada aplikasi-aplikasi tersebut, restoran Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat yang tadinya tidak mengetahui brand Anda.

Bayangkan, jika restoran Anda tidak terdaftar di salah satu portal atau aplikasi tersebut, restoran lainlah yang akan menjadi pilihan penggunanya. Maka dari itu, implementasikan strategi pemasaran yang bisa dibilang cukup mudah ini dan segeralah daftarkan usaha Anda sebanyak mungkin!

2. Manfaatkan SEO untuk Menjangkau Pelanggan

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs atau halaman web dari hasil pencarian tak berbayar atau organik dari sebuah search engine.

Dengan kata lain, SEO berarti melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web Anda, situs web atau halaman Anda tersebut akan tampil di halaman awal dari daftar hasil pencarian keyword tersebut.

SEO ini jelas merupakan salah satu strategi pemasaran yang layak dipertimbangkan untuk restoran Anda. Kata kunci atau keyword seperti ‘restaurants near me’ atau ‘restoran disekitar saya’ memiliki 7.480.000 jumlah penelusuran bulanan di Google.

Jika Anda bisa menanamkan SEO keyword tersebut di situs Anda dan dapat muncul pada halaman-halaman awal, bayangkan seberapa banyak orang yang menjadi tahu usaha Anda?

Pastikan judul situs Anda memiliki nama brand Anda serta lokasi dan kode pos restoran Anda. Daftarkan pula usaha Anda di Google Bisnisku. Pastikan alamat di situs Anda sama persis dengan informasi yang Anda kirimkan ke Google atau situs agregator lainnya. Alamat restoran harus tercantum di situs Anda (bisa diletakkan di footer situs). Adanya informasi alamat dapat membantu pencarian lokal.

Baca Juga:  Pahami Arti Profit & 8 Cara Meningkatkannya

Pastikan juga menu Anda ada pada halaman khusus, jangan hanya melampirkan brosur menu dalam bentuk PDF. Pada halaman tersebut, Anda dapat mendeskripsikan menu tersebut, bahan-bahannya, dan lainnya. Jika menu Anda cukup unik, hal ini akan bisa muncul pada pencarian tertentu.

Banyak lagi hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan SEO untuk situs Anda seperti dengan menulis blog secara teratur dan menerbitkan konten yang menarik dan memasukkannya pada situs Anda.

3. Bentuk Review yang Baik dan Jangan Hindari Review Buruk

Tidak jarang bagi pelanggan untuk mengutarakan pengalaman buruk mereka di sebuah restoran. Namun, jangan biarkan beberapa ulasan buruk melemahkan reputasi restoran Anda.

Ulasan-ulasan buruk ini justru membutuhkan respons publik yang sopan dan cepat. Katakan terima kasih pada pelanggan tersebut karena telah mengunjungi restoran Anda, katakan bahwa Anda akan memperbaiki layanan Anda, dan jika ada masalah yang cukup besar, tawarkanlah kupon gratis atau potongan harga bagi pelanggan tersebut.

Selain itu, jangan merasa cukup dengan ulasan-ulasan yang positif, tetap tingkatkanlah layanan Anda dan berikan repons juga karena semakin positif review  orang terhadap restoran Anda, semakin tinggi pula peringkat restoran Anda pada platform-platform pencarian seperti Zomato atau Google.

4. Gunakan Media Sosial dengan Efektif

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di awal artikel ini, menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia. Dapat Anda lihat bahwa media sosial merupakan peluang dan pilihan strategi pemasaran yang sangat besar bagi Anda untuk memasarkan usaha jika digunakan dengan baik.

a. Tentukan media sosial yang sesuai

Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan akun media sosial usaha Anda? Pertama, Anda harus mengidentifikasikan media sosial yang sering digunakan target pasar Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengetahui siapa target pasar Anda, dan kemudian mengidentifikasikan media sosial mana yang paling sering mereka gunakan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya Anda dan memanfaatkan sumber daya Anda dengan lebih baik.

Tetapi, jangan terpaku pada hanya satu media sosial saja. Walaupun saat ini Instagram merupakan media yang sangat populer dan kerap digunakan oleh banyak usaha kuliner di Indonesia, Anda juga sebaiknya membuat Facebook Page dan juga akun di Twitter untuk memberitakan promo-promo yang sedang berlangsung. Jangan lupa untuk terus meng-update konten di media sosial Anda.

b. Implementasikan UGC

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah promosi menggunakan user-generated content (UGC). Strategi ini merupakan alat yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

UGC dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari me-repost atau memposting ulang apa yang telah di post oleh pelanggan Anda ke akun restoran Anda sampai membuat kontes foto makanan restoran Anda di Instagram dan memposting ulang pemenangnya.

Menggunakan UGC dapat membuat pelanggan Anda merasa lebih dilibatkan dan dihargai, serta menjadi sarana lain untuk membagikan review baik mengenai restoran Anda.

c. Gaet Influencer

Anda juga bisa menggaet influencer (akun-akun media sosial yang memiliki banyak follower) dan food blogger terkenal untuk membantu meningkatkan popularitas brand  Anda.

Kirimkanlah makanan gratis kepada mereka dan mereka akan membagikan ulasan mengenai produk Anda kepada pengikutnya. Mereka juga dapat menampilkan restoran Anda di blog atau media sosial mereka yang akan menambah jumlah awareness usaha Anda.

5. Pasang Iklan di Facebook dan Google

Iklankan restoran Anda secara online karena dapat memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang sangat spesifik menggunakan Facebook dan Google Ads. Anda dapat menyaring (filter) audiens Anda secara fokus berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya.

Terlebih lagi, dengan pemasangan iklan menggunakan Google, Anda bahkan dapat menentukan peringkat untuk kata kunci yang mengandung nama pesaing Anda.

Beriklan menggunakan Facebook atau Google memang membutuhkan biaya, tetapi jika dilakukan dengan benar maka bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif.

6. Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan layanan pesan-antar sekarang ini. Pendapatan Anda bisa sangat terbantu terutama karena Anda akan dapat memasarkan juga usaha Anda pada platform tersebut.

Sebagai contoh, bayangkan jika Anda bekerjasama dengan GoFood yang merupakan layanan pesan-antar terbesar kedua di dunia. Jutaan pengguna aplikasinya akan dapat melihat restoran Anda melalui aplikasi Gojek.

Tidak hanya itu, pelanggan Anda juga dapat membayar biaya pengantaran yang lebih murah menggunakan promo-promo dari GoFood. Anda juga bisa ikut memberikan promo-promo GoFood bagi pelanggan restoran Anda.

7. Kirimkan E-mail Newsletter

Kirimkan e-mail kepada pelanggan Anda sebagai bentuk dari rutinitas promosi restoran reguler Anda. Dapatkanlah alamat e-mail dari pelanggan-pelanggan Anda melalui reservasi atau melalui cara lainnya dan kirimkan e-mail newsletter secara rutin (tidak perlu sering-sering karena pelanggan justru malah akan merasa terganggu) mengenai kabar-kabar terbaru dari restoran Anda seperti ketika ada menu baru atau sedang ada promo.

Nah, jika Anda belum melakukan hal-hal diatas untuk strategi pemasaran usaha kuliner Anda, mulailah menjalankannya dan buat restoran Anda lebih dikenal dan tingkatkan transaksi Anda!

Share this article:

Related article

Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan

Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting untuk dikuasai dalam sebuah usaha, baik besar maupun...

Pahami Arti Profit & 8 Cara Meningkatkannya

Banyak entrepreneur atau para pemilik usaha yang memiliki pikiran bahwa, untuk dapat meningkatkan profit...