HOME / 17 Peralatan Café yang Dibutuhkan saat Memulai Coffee Shop

17 Peralatan Café yang Dibutuhkan saat Memulai Coffee Shop

Mempunyai café sendiri tentunya merupakan impian bagi sebagian orang. Banyak wirausahawan merajut sukses dalam hidupnya dengan bermula dari usaha kuliner seperti café atau restoran. Dengan perkembangan masyarakat modern serta pergeseran kebiasaan anak-anak muda yang saat ini lebih suka nongkrong sambil ngopi, tentunya merupakan peluang bagus untuk memulai usaha café.

Memang memulai usaha café tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal-hal penting yang harus diperhatikan. Anda harus lebih gigih, lebih tekun, lebih disiplin, lebih sabar, dan lebih pantang menyerah. Dan jangan lupa, sebagai seorang pengusaha yang sedang merintis usaha jam kerja anda akan menjadi lebih panjang.

Setiap harinya anda akan lebih pusing memikirkan konsep yang terbaik untuk café anda. Anda juga harus terus memberikan terobosan-terobosan baru tentang menu café anda agar konsumen tidak bosan. Tetapi jika anda terus berjuang, tak mustahil café anda akan melesat naik bahkan hingga dikenal di seluruh Indonesia.

Saat memulai, sebaiknya anda jangan dulu pusing memikirkan berapa modal untuk memulai usaha coffee shop dalam skala besar. Mulailah secara bertahap, meskipun hanya memiliki modal yang minim beranikan diri anda untuk membeli peralatan café dan mendekorasi ruangan.

Peralatan Café yang Dibutuhkan Coffee Shop

Tertarik untuk mendirikan usaha café? Berikut peralatan coffee shop yang dibutuhkan jika ingin memulai kedai kopi Anda. Dengan peralatan ini tentunya akan mendukung operasional café anda serta membantu memperlancar usaha anda dalam melayani konsumen. Jadi apa saja sih peralatan tersebut? Simak yuk di bawah ini.

1. Mesin Penggiling Kopi (Coffee Grinder)

Ini merupakan alat yang paling esensial dalam menghasilkan kopi, dan paling banyak dibutuhkan pada coffee shop. Mesin penggiling kopi atau yang sering dikenal sebagai coffee grinder adalah alat paling utama yang harus anda punya jika anda hendak membuka coffee shop. Kesempurnaan cita rasa kopi biasanya lahir dari proses penggilingan biji kopi yang tepat dan sempurna pula. Jadi jika anda hendak menghasilkan kopi berkualitas dan ingin memuaskan lidah setiap pelanggan yang berkunjung ke coffee shop anda, maka anda wajib memiliki mesin penggiling kopi (coffee grinder).

2. Drip Coffee Maker

Coffee shop memiliki banyak peralatan yang semestinya dapat membantu memproses kopi, seperti drip coffee maker. Drip coffee maker membuat sajian kopi anda menjadi lebih nikmat dan berkualitas. Alat yang satu ini banyak dipilih karena harganya lebih terjangkau serta pemeliharaannya lebih murah. Sebagian besar drip coffee maker modern juga sudah diprogram sebelumnya sehingga cenderung sepenuhnya otomatis. Dan mesin ini memiliki kapasitas yang bahkan mampu menyeduh hingga 12 cangkir kopi di waktu bersamaan. Hal tersebut tentunya dapat menghemat waktu anda untuk melayani pelanggan anda, sehingga mereka tidak menunggu terlalu lama

3. Moka Pot

Moka Pot adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk membantu menyeduh kopi. Moka Pot sering disebut sebagai espresso kompor. Biasanya hasil seduhan kopi yang dihasilkan oleh Moka Pot memiliki cita rasa yang unik dan lezat, dengan karakter yang lebih kental. Moka Pot tersusun atas tiga bagian : Bagian dasar berguna sebagai wadah penyimpanan air, bagian tengah berfungsi sebagai filter, dan dipakai untuk tempat penyimpanan kopi bubuk. Sedangkan bagian ketiga adalah bagian yang digunakan untuk menampung kopi yang sudah jadi. Coffee shop skala kecil maupun besar membutuhkan jenis peralatan yang satu ini.

4. Mesin Espresso Komersial / Professional

Mesin espresso komersial / professional yang satu ini merupakan mesin idaman setiap barista, dan merupakan mesin yang sangat diinginkan oleh setiap coffee shop. Tampilan mesin ini begitu garang, gagah, dan tangguh performance-nya. Biasanya yang memakai mesin espresso yang satu ini adalah barista professional dan sudah sangat berpengalaman mengenai bagaimana cara mengoperasikannya. Jadi jika anda hendak mendirikan coffee shop berskala besar, serta anda memiliki modal yang cukup, maka anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mesin espresso ini. Anda tak akan menyesal jika sudah mengetahui kualitas kopi yang dihasilkan.

5. Peralatan Untuk Memasak

Tentunya café anda akan menyajikan makanan yang lezat untuk konsumen. Oleh karena itu anda membutuhkan peralatan memasak dan mengolah makanan. Disinilah waktu yang tepat bagi anda untuk membeli kompor dengan kualitas terbaik. Jika anda hendak membuka café dengan skala besar, maka pilihlah kompor yang memiliki kapasitas tungku yang banyak. Hal ini penting demi mempersingkat waktu koki anda dalam memasak ketika café sedang padat dan banyak pesanan.

6. Wadah Untuk Memasak

Selain kompor, tentunya anda wajib memiliki wadah untuk mengolah masakan anda seperti panci stockpot, panci penggorengan, panci wok, panci braiser, dan juga panci untuk menumis sayuran. Jika anda memiliki café yang menyajikan aneka hidangan seperti menu Asia dan menu Western, maka disarankan agar anda membeli seluruh jenis panci tersebut.

Baca Juga:  Modal Usaha Kedai Kopi, di Bawah 20 Juta

7. Peralatan Untuk Memanggang

Peralatan memanggang seperti oven, toaster, gas torch flame gun, dan grill roaster tentunya juga akan anda perlukan. Banyak menu makanan akan lebih nikmat jika dipanggang seperti beef patty, steak, pizza, dan aneka menu barbeque. Peralatan-peralatan tersebut perlu anda persiapkan di café anda. Jangan lupa persiapkan perlengkapan memanggang seperti arang, kuas, penjepit makanan, spatula, dan alumunium foil.

8. Peralatan Menyimpan Makanan

Bahan-bahan makanan café harus selalu dalam kondisi segar agar saat dimasak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma terbaiknya. Oleh karena itu anda memerlukan peralatan untuk menyimpan makanan seperti kulkas, freezer, dan showcase cooler. Peralatan ini dapat membuat bahan-bahan makanan di café anda lebih awet dan tidak mudah busuk. Untuk showcase cooler juga dapat anda gunakan untuk menyimpan aneka minuman kemasan dan juga botol.

9. Peralatan Menyimpan Air Minum

Peralatan untuk menyimpan air minum seperti dispenser galon, teko, dan juga termos sangat diperlukan. Saat memilih dispenser, ada baiknya memilih dispenser dengan galon di bawah, serta memiliki tiga tombol yaitu tombol air panas, tombol air dengan temperatur normal, dan tombol air dingin. Lengkapi pula peralatan menyimpan air minum anda dengan membeli termos dan teko.

10. Silverware

Silverware adalah peralatan makan yang terbuat dari stainless steel, logam, atau gold. Perangkat ini merupakan hal berikutnya yang wajib anda punya di café anda. Silverware ini terdiri dari piring, mangkuk, sendok makan, sendok teh, sendok untuk es / kopi, sendok untuk sup encer, sendok untuk sup kental, sendok besar, sendok untuk mengambil hidangan (serving spoon), sendok gula, punch ladle, garpu, pisau untuk memotong steak, pisau untuk selai, bahkan keranjang roti.

11. Glassware

Untuk glassware juga harus anda miliki. Glassware terbuat dari kaca bening, biasanya terdiri dari gelas bertangkai (untuk minum wine, champagne, dan cocktail), gelas tidak bertangkai (untuk minum bir, jus, dan lainnya), serta cangkir (untuk minum teh dan kopi).

12. Blender & Juicer

Peran blender dan juicer tidak dapat diremehkan. Banyak konsumen menyukai minuman yang diblender. Blender dan juicer juga dapat menghasilkan aneka jus dengan kualitas yang lebih baik karena sudah tercampur secara merata. Khasiat buah dan sayur yang diproses dengan kedua alat itu juga tidak hilang sehingga lebih sehat untuk diminum.

14. Peralatan Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan adalah faktor utama yang harus anda perhatikan ketika hendak membuka café. Café yang bersih tentunya akan membuat konsumen senang untuk bersantap di café anda. Oleh karena itu anda wajib memiliki peralatan kebersihan. Peralatan kebersihan yang wajib anda miliki adalah sponge dan sabun cuci piring untuk membersihkan peralatan makan. Selain itu anda juga harus memiliki sapu, dustpan (pengki), mop holder, window washer, botol sprayer, wiper karet, sikat lantai, alat pel, kop toilet, kemoceng, dll.

15. Peralatan Pendingin Udara

Café yang panas dan pengap tentunya akan sangat tidak nyaman sehingga beresiko akan dihindari oleh konsumen. Jika sudah begitu maka penghasilan café anda tentu akan menurun drastis. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki peralatan pendingin udara seperti air conditioner (AC) atau kipas angin. Peralatan tersebut akan membuat suasana di café anda cenderung lebih nyaman.

16. Peralatan Keamanan

Memiliki peralatan keamanan tentunya sangat disarankan untuk melindungi café anda dari bahaya serta meminimalisir kerugian. Peralatan keamanan yang wajib anda miliki adalah cctv camera untuk memantau keadaan di café anda, detector kebakaran untuk mencegah secara dini kebakaran, fire extinguisher untuk memadamkan kebakaran dengan cepat, dan alarm anti pencuri. Peralatan tersebut tentunya dapat memberikan rasa aman kepada anda dan karyawan anda.

17. Aplikasi Kasir (Point of Sale)

Peralatan yang satu ini tak kalah penting dan wajib anda pasang untuk membantu operasional café anda. Aplikasi kasir atau POS berfungsi untuk mempermudah usaha café anda dalam keseharian seperti mengelola penjualan produk, mengontrol persediaan barang, memantau absensi karyawan, serta mencatat data pelanggan. Semuanya tersedia dalam satu perangkat.

Nah itu dia 17 peralatan café yang harus ada di café anda. Sudah siap untuk membuka café anda sendiri?

Selamat berwirausaha.

Share this article:

Related article

6 Tips Memulai Usaha Barbershop & Rincian Modalnya

Usaha barbershop(pangkas rambut) sedang menjamur dan perkembangannya cukup pesat karena Anda akan...

Tips Usaha Laundry & Rincian Modalnya, Mulai 10 Juta

Memiliki usaha sendiri, serta mendapatkan kehidupan yang layak dari usaha tersebut merupakan impian sebagian...