HOME / 30 Peluang Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dicoba

30 Peluang Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dicoba

Setelah menyelesaikan pendidikan, beberapa orang memutuskan untuk melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Namun, tidak sedikit pula yang berani untuk memulai usahanya sendiri. Apakah Anda termasuk salah satu di antara orang-orang yang ingin memiliki usaha pribadi? 30 peluang bisnis untuk pemula berikut ini layak untuk dipertimbangkan, lho!

Peluang Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dicoba

1. Online dropshipper

Apabila Anda tidak memiliki modal usaha yang cukup besar, online dropshipper menjadi alternatif terbaik yang bisa dicoba. Ini adalah sistem penjualan produk secara online yang bisa dilakukan dengan meneruskan produk dari pemilik produk atau supplier, untuk dikirimkan langsung ke pelanggan dengan identitas Anda sebagai pengirimnya.

2. Jasa laundry

Tinggal di area strategis dekat dengan kawasan perumahan, sepertinya peluang bisnis untuk pemula yang satu ini sangat menjanjikan keuntungan besar. Jasa laundry atau lebih akrab dikenal jasa cuci dan setrika kiloan ini sekarang sangat dibutuhkan. Terlebih bagi orang-orang yang sibuk bekerja dan tidak memiliki ART di rumah.

3. Fotokopi dan alat-alat tulis

Bisnis fotokopi dan alat-alat tulis sangat cocok bagi Anda yang tinggal di dekat gedung sekolah, kampus, maupun area perkantoran. Meski membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya, tetapi usaha fotokopi dan alat-alat tulis ini punya potensi pelanggan yang terbilang besar juga. 

4. Agen kurir pengiriman barang

Belakangan aktivitas belanja online di Indonesia semakin populer. Untuk itu, peluang agen kurir pengiriman barang ini bisa menjadi ladang penghasilan yang besar. Apalagi Anda bisa memulai bisnis kurir pengiriman ini secara waralaba atau franchise. 

5. Petshop

Apakah Anda termasuk orang yang senang merawat hewan peliharaan? Ini tentu menjadi peluang bisnis untuk pemula yang menyenangkan. Selain menjual makanan, mainan, dan aksesoris, Anda juga bisa menyediakan layanan titip atau grooming untuk hewan-hewan peliharaan tertentu seperti anjing atau kucing.

6. Event organizer

Menawarkan jasa penyelenggaraan kegiatan atau event-event tertentu, bisnis event organizer bahkan bisa dimulai tanpa modal rupiah sekali pun. Anda hanya membutuhkan koneksi yang cukup luas terkait vendor-vendor yang berhubungan langsung dengan suatu acara. Mulai dari vendor dekorasi, MC, hingga katering.

7. Rental PS dan game online

Salah satu pilihan bisnis untuk pemula yang cukup ‘ramah’ adalah rental PS (playstation) dan game online. Anda bisa menyediakan 2 – 3 unit console game untuk pelanggan. Jika dana sudah terkumpul, Anda bisa menambahkan kembali jumlah console yang dibutuhkan.

8. Pulsa dan token PLN

Meski terdengar remeh, ternyata bisnis pulsa dan token PLN ini banyak dilakoni oleh pemula. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis Pulsa dan token PLN juga tidak terlampau besar, lho! Anda berani mencobanya?

9. Katering rumahan

Hobi memasak bisa menghasilkan pundi-pundi emas jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya yaitu melalui usaha katering rumahan ini. Pastikan membuat menu yang variatif agar pelanggan tidak mudah merasa bosan.

10. Daycare

Peluang bisnis untuk pemula yang satu ini terbilang cukup baru, sehingga masih jarang orang yang memikirkannya. Daycare atau jasa penitipan anak ini bisa menguntungkan terutama untuk Anda yang terbiasa sabar dan telaten mengurus balita hingga anak-anak. Mulailah dengan membuka daycare ini untuk tetangga-tetangga yang tinggal di dekat Anda. 

11. Jasa cuci motor atau mobil

Jumlah motor dan mobil yang semakin bertambah kian pesat memberikan peluang bisnis untuk pemula yang sangat menguntungkan. Menyediakan jasa cuci motor atau mobil dijamin akan sangat dibutuhkan. Untuk memulai usaha jasa cuci motor, budget yang dibutuhkan sekitar Rp3 juta saja. Sementara itu, untuk jasa cuci mobil biayanya sedikit lebih besar mencapai Rp10 juta.

12. Les privat

Lebih suka menjalankan bisnis di rumah? Bagaimana jika Anda mencoba menyediakan jasa les privat untuk anak-anak yang tinggal di sekitar Anda. Pilih materi yang Anda kuasai sehingga bisa memberikan arahan dan mengajar dengan baik, misalnya Matematika dan Bahasa Inggris.

13. Desain dan jahit busana

Jasa desain dan jahit busana bisa menjadi inspirasi bisnis untuk pemula yang cukup punya kesempatan meraih keuntungan. Terlebih jika Anda memiliki latar belakang pendidikan atau menggeluti bidang fashion dalam jangka panjang. Saat ini desainer busana pernikahan bahkan bisa memperoleh omzet hingga puluhan juta setiap bulannya.

14. Make up artist

Masih dari hobi yang berpeluang untuk dijadikan ladang bisnis, make up artist juga layak dipertimbangkan lho! Terlebih kebutuhan make up saat ini semakin meningkat. Tidak hanya untuk pesta pernikahan saja, pengguna jasa make up artist juga cukup banyak ketika momen wisuda, karnaval, atau saat perlombaan fashion show.

15. Jasa titip beli (jastip)

Aktif di media sosial dan sering bepergian ke luar negeri? Kenapa Anda tidak mencoba peluang bisnis untuk pemula yang satu ini? Iya, jasa titip beli saat ini mulai banyak digeluti karena banyak target pasar yang akan dituju. Barang-barang kosmetik, aksesoris, hingga makanan biasanya yang ditawarkan pada bisnis jasa titip beli.

Baca Juga:  Apa itu Retail? Berikut Penjelasan & Jenis-Jenisnya

16. Toko kelontong

Tenang saja, untuk membuka toko kelontong, Anda bisa memanfaatkan teras rumah dengan ukuran setidaknya 3 x 4 meter. Siapkan produk-produk yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, agar toko kelontong Anda mendapatkan penjualan yang tinggi.

17. Barbershop

Usaha barbershop atau pangkas rambut belakangan jauh lebih modern. Sebelum memulai usaha ini, sebaiknya tentukan dulu lokasi strategis yang akan dituju. Tidak ketinggalan peralatan pangkas rambut dan modal operasional juga harus Anda siapkan.

18. Warung kopi

Menjamurnya kedai kopi di Indonesia sama sekali tidak meredupkan popularitas warung kopi. Usaha ini bisa dimulai dengan modal yang cukup terjangkau, sekitar Rp10 jutaan saja. Lengkapi warung kopi Anda dengan makanan ringan, gorengan, maupun koneksi wifi agar pengunjung betah.

19. Jual – beli smartphone bekas

Jangan sia-siakan kemampuan marketing yang Anda miliki. Bisnis jual-beli smartphone ini bisa dicoba meski tanpa modal sepeserpun. Tawarkan jasa ini pada teman-teman yang berencana untuk menjual atau membeli smartphone baru. Demi menciptakan kepuasan pelanggan, pastikan smartphone bekas yang dijual masih dapat beroperasi dengan optimal.

20. Bisnis kue basah dan kue kering

Selain mencoba bisnis katering, Anda yang hobi memasak juga bisa mengadu keberuntungan dengan memulai bisnis kue basah dan kue kering. Untuk kue basah seperti onde-onde, klepon, dadar gulung, pukis, dan sejenisnya bisa dipasarkan di pagi hari. Sementara untuk kue kering bisa dilakukan secara musiman, misalnya menjelang perayaan Idul Fitri maupun Natal.

21. Penerjemah

Anda punya keahlian bahasa asing? Cobalah jadi penerjemah terpercaya untuk orang-orang di sekitar Anda. Beberapa dokumen penting membutuhkan bantuan Anda sebagai penerjemah. Pastikan untuk mengecek kembali dokumen yang sudah diterjemahkan agar tidak terjadi kesalahan penulisan atau tata bahasa.

22. Event fotografer

Peluang bisnis untuk pemula yang juga bisa Anda coba, yaitu event fotografer. Ini menjadi profesi yang membutuhkan skill fotografi maupun editing yang baik agar bisa memuaskan pengguna jasa. Beberapa event seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, bahkan momen kelahiran sekarang bisa diabadikan berkat adanya event fotografer ini.

23. Perlengkapan bayi

Banyaknya perlengkapan bayi yang dibutuhkan sering kali membuat calon orang tua kebingungan. Ini jadi peluang untuk Anda menghadirkan kemudahan bagi orang tua baru dengan menyediakan one-stop store dengan perlengkapan bayi lengkap. Mulai dari pakaian, gendongan, peralatan mandi dan makanan, hingga mainan bayi.

24. Aksesoris kekinian

Tren fashion yang terus berubah-ubah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha bagi pemula. Misalnya, saat ini sedang tren produk aksesori berupa pin hijab atau jepit rambut ala gadis Korea, maka Anda bisa memanfaatkan tren ini untuk berjualan aksesoris kekinian. Meski sifatnya tidak permanen, usaha kekinian ini menjanjikan keuntungan besar.

25. Budidaya ikan lele

Siapa bilang budidaya ikan lele tidak termasuk dalam peluang bisnis untuk pemula? Usaha ternak lele bahkan banyak dilakukan oleh beberapa pengusaha sukses. Ikan lele sendiri terbilang cukup mudah perawatannya. Jadi, biaya yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan lele juga tidak besar. Padahal saat panen nanti, dijamin Anda akan meraup untung sebesar-besarnya!

26. Usaha dekorasi

Usaha dekorasi saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi calon pengantin saja. Beberapa orang yang akan menggelar acara spesial biasanya membutuhkan jasa dekorasi untuk mempercantik venue. Anda bisa menciptakan dekorasi minimalis berbekal backdrop bahan kayu atau material lain dengan hiasan bunga atau lampu-lampu gantung yang eye-catching.

27. Percetakan brosur, banner, dan undangan

Sampai saat ini pemasaran secara konvensional melalui brosur dan banner masih banyak dilakukan para pemilik usaha. Bagaimana jika Anda memanfaatkan peluang bisnis untuk pemula yang satu ini? Menyediakan jasa percetakan brosur dan banner bisa memberikan keuntungan berlipat ganda. Lengkapi juga dengan jasa cetak undangan pernikahan yang up-to-date dan banyak diburu.

28. Florist

Tidak semua orang bisa merangkai bunga dengan cantik. Untuk itu, peluang bisnis florist ini berpeluang memberikan keuntungan kepada Anda. Apalagi jika di wilayah tempat tinggal Anda tidak banyak penyedia jasa florist, maka ini jadi peluang yang tepat.

29. Reparasi tas dan koper

Jarang dilirik oleh pengusaha pemula, padahal jasa reparasi tas dan koper ini sangat dibutuhkan lho! Anda bisa menawarkan reparasi tas dan koper terutama kepada mereka yang gemar bepergian jarak jauh. Pilih lokasi usaha yang strategis atau minimal di tepi jalan besar sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan.

30. Persewaan sound system

Satu lagi peluang bisnis untuk pemula yang layak untuk dicoba, yaitu persewaan sound system. Meski terbilang kebutuhan akan sound system ini cukup musiman, bukan berarti Anda tidak bisa meraup untung besar-besaran. Terlebih jika Anda bisa menetapkan harga yang bersaing, dijamin kesuksesan usaha bukan lagi hal yang mustahil.

Dari sekian banyak peluang bisnis untuk pemula tadi, mana yang akan Anda coba? Pastikan untuk selalu memberikan kualitas produk dan layanan terbaik agar pelanggan kembali berbelanja di usaha Anda. Selamat mencoba!

Share this article:

Related article

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...

Tumbuh Pesat, Ini 6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Daya tarik kota Makassar seolah tidak ada matinya. Selain menawarkan keindahan alam...