HOME / 10 Tips Memilih Nama Toko yang Unik & Menarik

10 Tips Memilih Nama Toko yang Unik & Menarik

Mempunyai toko sendiri tentunya sangat membahagiakan. Harapan dan tekad anda berkumpul menjadi satu pada toko anda tersebut. Namun ada satu hal penting yang tidak boleh dilupakan atau diremehkan saat anda membuat toko, yaitu pemberian nama toko.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat membuka usaha harus memperhatikan namanya secara serius. Nama adalah wujud perkenalan pertama kepada calon pelanggan anda. Nama toko merupakan hal vital karena itu merupakan sebuah identitas bagi usaha anda.

Apapun itu bentuk usaha yang ingin anda geluti, apakah baru memulai toko ritel, usaha kuliner maupun kedai kopi, anda perlu memperhatikan penamaannya karena itu akan menjadi hal pertama yang diingat oleh pelanggan anda.

10 Tips Memilih Nama Toko yang Bagus

Nama toko yang bagus adalah yang singkat, padat, mudah diingat dan memiliki arti khusus. Selain itu nama toko yang anda pilih juga harus mengandung unsur keberuntungan.

Pemilihan nama toko juga sebaiknya memiliki makna yang positif. Hal tersebut dilakukan dengan harapan bahwa dari toko tempat mengais rezeki bagi sang pemilik itu akan memberikan keberuntungan dan rezeki yang melimpah.

Tak dapat dipungkiri bahwa terdapat pengaruh yang kuat terhadap nama toko yang anda pilih. Oleh karena itu berikut kami jabarkan tips memilih nama toko yang bagus, antara lain:

1. Memberikan Nama Yang Mudah Diingat

Toko dengan nama yang mudah diingat tentunya akan lebih cepat dikenal oleh konsumen. Buatlah sebuah nama yang membuat banyak orang terngiang-ngiang dengan nama toko anda, bahkan meskipun mereka baru sekali berkunjung.

Nama toko anda juga harus enak didengar di telinga konsumen saat mereka menyebutnya dengan lantang. Usahakan nama yang anda berikan kepada toko anda tersebut singkat, padat, jelas, tidak membuat orang berpikir terlalu lama untuk mencerna nama toko anda, dan tidak berbelit-belit ketika diucapkan.

Karena jika terlalu panjang atau sulit dilafalkan tentunya orang akan malas mengingatnya, bahkan bisa melupakannya dengan cepat.

2. Memberikan Nama Yang Unik

Selain mudah diingat, nama toko anda juga harus unik. Maksud unik di sini adalah jangan membuat nama toko dengan meniru nama toko lainnya.

Jika anda hanya meniru nama toko lain yang sudah sukses, atau hanya mengganti beberapa kata, anda akan dicap plagiat. Konsumen akan malas berkunjung.

Baca Juga:  Tumbuh 20%, Berikut Tren Bisnis Kuliner di Surabaya

Oleh karena itu nama toko anda harus berbeda dengan yang lainnya. Usahakan banyak orang yang tertarik dan penasaran ketika mendengar nama toko anda itu.

Sebagai contoh, Hulu, situs web penyedia layanan tv streaming ini memiliki nama yang unik dan mudah diingat. Pemilihan nama ini bukan tanpa alasan, dalam bahasa Mandarin kuno Hulu memiliki dua makna yang menarik.

Pertama Hulu artinya adalah tanaman sejenis labu yang pada jaman dahulu kala kerap dilubangi dan digunakan untuk menyimpan barang berharga. Makna keduanya adalah rekaman interaktif, masih berhubungan dengan produk yang mereka tawarkan, tv streaming.

3. Memberikan Nama Dengan Elemen Positif

Nama toko harus memiliki kandungan elemen positif di dalamnya. Dengan memasukkan unsur-unsur kata yang positif maka akan membuka peluang positif ke toko anda pula.

Usahakan pilih nama-nama yang membawa ke arah kesuksesan seperti Pasti Jaya, Pasti Maju, Sejahtera, Penuh Kemenangan, dan lain sebagainya.

Nama toko yang bagus baiknya mengandung kata-kata seperti megah, cerah, terang akan membuat pelanggan percaya. Selain itu nama toko yang positif tentunya akan memberikan efek berbeda kepada psikologi anda.

Anda jadi tertantang untuk ikut memajukan toko anda hingga bisa sukses seperti namanya.

4. Menyertakan Angka Yang Menurut Anda Sukai

Meyematkan angka yang menurut anda bagus pada nama toko anda juga layak dicoba. Pilihlah angka yang merupakan angka keberuntungan anda, dengan harapan bahwa angka tersebut akan memberikan peluang baik bagi usaha anda.

Contoh angka keberuntungan yang dapat anda pakai adalah 88, 99, atau 777. Makanya banyak sekali orang yang menggunakan nama toko seperti Seafood 99, Martabak 88, dan sebagainya.

5. Pilihlah Nama Yang Mengandung Doa

Sebenarnya dalam memberikan nama toko hampir mirip prosesnya seperti memberikan nama kepada sang buah hati. Tentu kita memiliki harapan yang besar terhadap toko tersebut.

Oleh karena itu pilihlah nama yang mengandung doa. Ini juga bermakna bahwa anda memasrahkan usaha anda kepada Tuhan agar Tuhan membuka peluang dan rezeki untuk jalan anda.

1 2

Share this article:

Related article

5 Usaha Kuliner di Bandung yang Potensial & Menguntungkan

Kota Bandung dijuluki sebagai kota Paris-nya Indonesia, karena terkenal dengan kesejukan udara...

5 Ide Usaha Kuliner di Solo yang Menarik!

Kota Solo memiliki banyak kawasan wisata, wisata kuliner adalah sektor yang paling banyak digandrungi....