HOME / Mesin EDC & 8 Manfaatnya Bagi Bisnis

Mesin EDC & 8 Manfaatnya Bagi Bisnis

Pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu mulai diminati banyak kalangan dan sudah umum dilakukan. Badan usaha yang mengizinkan konsumen menggunakan kartu sebagai alat pembayaran membutuhkan mesin lain sebagai pengaplikasiannya, yakni Mesin EDC.

Bagi Anda pemilik bisnis kuliner dan ingin mengelola sistem pembayarannya menjadi lebih praktis, tentu Anda membutuhkan mesin ini.

Mesin EDC memiliki banyak kegunaan yang dapat membantu bisnis Anda, terutama dalam hal transaksi konsumen dan pembayaran. Konsumen jadi lebih dimudahkan dalam urusan pembayaran, sehingga dapat melakukan transaksi hanya dengan alat pembayaran non tunai seperti, kartu ATM atau kartu debit dan kartu kredit.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, banyak toko besar maupun kecil yang menerima pembayaran dengan kartu debit maupun kredit untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Contoh bisnis yang menggunakan mesin EDC adalah di supermarket, minimarket, mall, hotel, restoran, café, dan sebagainya. Mesin ini sudah sangat umum digunakan dan sudah diterima dengan baik oleh banyak konsumen.

Apa itu mesin EDC?

Mesin EDC(Electronic Data Capture) adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Mesin ini sendiri diterbitkan oleh perbankan dan dapat terkoneksikan dengan server perbankan. Dengan begini, Pada umumnya EDC memiliki bentuk seperti telepon genggam model lama dengan layar yang kecil.

Secara umum Mesin EDC menyediakan:

  1. Komponen Graphical User Interface (GUI) untuk memasukkan data.
  2. Komponen validasi untuk mengecek data.
  3. Alat untuk pembuatan laporan untuk mendukung analisis dari data yang telah dikumpulkan.

Bagaimana cara kerja Mesin EDC? Untuk menggunakannya, kasir harus terlebih dahulu menggesek kartu milik konsumen dan menunggu hingga prosesing transmisi selesai.

Kemudian kasir dapat memasukkan jumlah nominal pembelanjaan konsumen ke dalam mesin ini. Setelah itu konsumen harus memasukkan PIN kartu untuk menyetujui nominal pembayaran.

Jika transaksi berhasil, maka akan keluar struk bukti transaksi dari mesin tersebut.  Saat menggunakan kartu debit maka uang di saldo rekening akan langsung terpotong. Sementara dengan menggunakan kartu kredit maka tagihan akan bertambah.

Fungsi yang ditawarkan oleh mesin EDC banyak sekali, antara lain:

  • Digunakan sebagai alat gesek tunai.
  • Untuk memperlancar transaksi pembayaran.
  • Mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran, karena konsumen tidak perlu membawa uang tunai. Bayangkan akan sangat merepotkan jika nominal pembelanjaan konsumen menyentuh angka jutaan dan konsumen harus membayar dengan uang tunai.
  • Digunakan untuk mempermudah kasir karena tidak perlu memberikan uang kembalian kepada konsumen.
  • Meminimalkan resiko negatif dan mencegah terjadinya pembayaran dengan uang palsu.
  • Menghemat banyak waktu dan tenaga kedua belah pihak.

Nah dengan mengetahui fungsi dari mesin EDC tersebut, maka banyak pengusaha yang memutuskan untuk menggunakannya, terutama pengusaha bisnis kuliner, seperti kedai kopi maupun restoran.

Pada umumnya, bisnis kuliner yang tengah digandrungi oleh khalayak luas memiliki banyak pengunjung hingga puluhan bahkan ratusan orang per harinya.

Di antara mereka pasti ada yang tidak membawa uang tunai yang cukup, serta ingin sistem pembayaran yang lebih praktis, disinilah peran penting EDC.

Namun penggunaan mesin EDC sebagai alat pembayaran konsumen harus dilengkapi dengan Sistem Point of Sale (POS). Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan operator / kasir dalam melakukan input data baik ke komputer ataupun ke mesin ini.

Kesalahan input pada EDC akan berakibat fatal, sehingga akan menyulitkan berbagai pihak. Untuk menangani hal tersebut, menghubungkan sistem POS dengan Mesin EDC adalah pilihan yang tepat. Sistem POS diketahui dapat melakukan revisi atas kesalahan input tersebut.

Sistem POS juga sudah lama terkenal sebagai sistem yang telah memperbaharui operasional di bisnis kuliner menjadi lebih modern, praktis, mudah, dan cepat. Jadi Mesin EDC dan Sistem POS merupakan kombinasi yang sempurna untuk mempermudah transaksi pada bisnis Anda.

Baca Juga:  5 Jenis Mesin Kopi Espresso untuk Coffee Shop

8 Manfaat Mesin Kartu Debit/Kredit Bagi Bisnis Kuliner

Selain itu penggunaan EDC pada restoran dan kafe tentu memiliki banyak manfaat. Saat ini hampir seluruh bisnis kuliner modern mulai menggunakan EDC karena pengusaha kuliner memahami bahwa hal ini lebih praktis dan berpengaruh pada perkembangan bisnis. Apa sajakah manfaat menerima kartu debit/kredit bagi bisnis kuliner?

1. Mempercepat Transaksi Sehingga Dapat Menghemat Banyak Waktu

Restoran / kafe yang super sibuk tidak akan sempat untuk melayani proses pembayaran yang lama dan bertele – tele. Belum lagi jika kasir harus memperhitungkan uang kembalian konsumen. Waktu yang terbuang sia – sia tersebut dapat dipangkas jika konsumen membayar dengan menggunakan Mesin EDC.

2. Meningkatkan Penjualan

Kemudahan dalam transaksi pada restoran atau kafe tersebut tentu akan menarik konsumen lainnya untuk datang berkunjung ke restoran Anda. Selain itu konsumen yang mengetahui bahwa restoran / kafe tersebut memiliki Mesin EDC, tak menutup kemungkinan membuat konsumen memesan makanan dengan porsi lebih banyak.

3. Membuat Bisnis Kuliner Lebih Maju Dibandingkan Dengan Kompetitor

Jika kompetitor sejenis banyak yang belum menggunakan Mesin EDC, namun Anda sudah lebih dulu memakainya, maka sudah pasti restoran / kafe Anda menjadi lebih maju. Restoran Anda akan dinilai lebih modern.

4. Proses Pembukuan Bisnis kuliner Menjadi Lebih Mudah

Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan Mesin EDC akan tersimpan secara otomatis ke dalam program pembukuan. Jadi Anda dapat dengan mudah memproses pembukuan dari penjualan pada hari tersebut.

5. Restoran / Kafe Tidak Perlu Menyimpan Uang Tunai Dalam Jumlah Banyak

Segala macam transaksi penjualan dengan menggunakan Mesin EDC akan langsung dikreditkan pada rekening dari pemilik mesin. Oleh karena itu restoran / kafe tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak. Hal ini tentunya akan meminimalisir kekhawatiran pemilik restoran atau kafe jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti perampokan atau kebakaran.

6. Lebih Mudah Untuk di Kontrol

Transaksi dengan menggunakan EDC akan lebih mudah dikontrol oleh berbagai pihak. Selain dikontrol oleh pemilik bisnis, transaksi dengan menggunakan EDC juga dapat dengan mudah dikontrol oleh pihak Bank. Jika ada transaksi yang mencurigakan, maka pihak Bank akan melakukan tindakan antisipasi.

7. Menghindari Penggelapan Uang Oleh Karyawan

Pemilik bisnis kuliner dapat terhindar dari penggelapan uang tunai yang bisa saja dilakukan oleh karyawan. Mesin EDC dapat mencegah terjadinya transaksi gelap, karena semua transaksi terdata secara elektronik dan sulit untuk dicurangi.

8. Pemilik Bisnis Kuliner Terhindar Dari Uang Palsu / Uang Rusak

Dalam dunia bisnis, terutama bisnis kuliner ada saja konsumen yang iseng menggunakan uang palsu maupun uang rusak saat bertransaksi. Dengan menggunakan EDC, pemilik bisnis kuliner akan terhindari dari tindak kejahatan seperti itu.

Nah itu dia manfaat – manfaat penggunaan Mesin EDC yang akan didapatkan oleh pemilik bisnis kuliner. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memasang Mesin EDC pada bisnis Anda?

Cara mendapatkannya cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke Bank cabang terdekat dengan membawa perlengkapan dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, SIUP, buku tabungan, ATM, dan sebagainya.

Setelah itu Anda hanya perlu mengisi formulir Merchant, menyiapkan materai 3 (tiga) lembar, lalu meminta nomor CS yang bersangkutan untuk kemudahan pelayanan di kemudian hari.

Setelah semuanya beres, Anda hanya perlu menunggu minimal 2 (dua) bulan. Mudah bukan? Selamat memasang Mesin EDC demi kemudahan bisnis Anda di masa mendatang. Semoga artikel ini membantu Anda.

Share this article:

Related article

Apa itu Kartu GPN? dan 5 Manfaatnya bagi Usaha

Anda tentu sudah familiar dengan kartu GPN yang digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai. Gerbang...

4 Manfaat Laporan Penjualan Harian dari SPOTS

Mengelola laporan penjualan usaha mungkin akan sedikit rumit bagi Anda sebagai pebisnis. Terlebih...