HOME / 5 Keuntungan Promo Cashback untuk Penjualan

5 Keuntungan Promo Cashback untuk Penjualan

Promo cashback menawarkan pengembalian biaya kepada pelanggan, berupa deposit, yang dapat digunakan kembali ketika melakukan transaksi ulang di lain waktu. Promo ini menjadi salah satu hal yang banyak diburu oleh para pelanggan, baik di toko online maupun offline.

Saat pelanggan membayarkan biaya atas barang yang dibeli, Anda sebagai penjual memberikan pengembalian dana sepersekian persen dari harga yang dibayarkan. Jika saja Anda menawarkan barang dengan harga Rp100.000, maka cashback-nya bisa sebesar Rp10.000 atau mungkin lebih tinggi. 

Saat ini, pengembalian promo cashback dilakukan dalam bentuk deposit; transfer ke rekening pelanggan. Pengembalian dana dari promo cashback ini dinilai sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan sendiri bagi pihak pelanggan.

Sehingga, semakin banyak masyarakat yang tertarik berburu cashback. Seorang pelanggan bisa jadi mengumpulkan ratusan hingga jutaan rupiah dari promo cashback.

Di transaksi berikutnya, ia bisa memanfaatkan deposit tersebut untuk pesanan barang. Lebih menarik dari diskon potongan harga pada umumnya, bukan?

Tidak hanya untuk penjual online saja, promo cashback juga bisa diterapkan pada pemilik usaha offline. Promo ini juga tidak terbatas pada jenis usaha tertentu. Anda, sebagai pemilik usaha kuliner, bisa mendapatkan keuntungan di bawah ini dengan menerapkan promo cashback. 

1. Menarik pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama

Berdasar laporan yang dirilis Nielsen pada tahun 2016, cashback menduduki peringkat teratas kebutuhan pasar bagi perusahaan untuk menarik hati pelanggan.

Sedangkan, menurut Shopback, promo cashback 30% di suatu restoran juga lebih menarik pelanggan daripada promo buy 1 get 1 atau diskon 50% di pesanan berikutnya.

Hal ini bisa menjadi bukti bahwa cashback mampu mendatangkan pelanggan baru bagi usaha Anda, sekaligus mempertahankan pelanggan lama yang sudah percaya dengan produk yang ditawarkan. 

2. Meningkatkan pesanan berulang

Saat Anda pertama kali menerapkan promo cashback di restoran atau usaha kuliner lainnya, pelanggan akan membangun kesadaran dan mempertimbangkan brand Anda.

Jika produk yang Anda tawarkan sesuai dengan yang pelanggan butuhkan dan inginkan, mereka tidak akan segan untuk melakukan pesanan ulang.

Bahkan, saat ada produk baru yang ditawarkan dengan tambahan promo cashback, pelanggan yang sudah merasa puas dengan pesanan sebelumnya, tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi pada produk baru Anda. 

3. Menciptakan lebih banyak transaksi

Di tengah melemahnya rupiah terhadap dolar, daya beli masyarakat Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Hal ini berkat adanya promo cashback yang diberikan berbagai merchants di Indonesia.

Cashback juga menjadi salah satu daya tarik yang mampu membuat pelanggan melakukan transaksi di suatu toko online maupun offline.

Ibaratnya, di tengah kondisi rupiah yang melemah dan harga kebutuhan yang semakin tinggi, masyarakat tetap bisa memesan sesuatu dari sebuah brand, dengan harga yang lebih murah, sekaligus menyimpan deposit untuk transaksi mendatang. 

Baca Juga:  Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan

Berdasar survei yang dirilis oleh Shopback, 70.2% pelanggan melakukan 1-10 kali transaksi di merchant yang memberikan promos cashback. Sedangkan 19.1% responden lainnya melakukan 10-20 kali transaksi dalam satu bulan dengan adanya cashback.

Dari data ini, Anda bisa melihat bagaimana cashback akan sangat berguna untuk menciptakan lebih banyak transaksi. 

4. Tidak merusak harga

Banyak pelanggan yang menilai bahwa barang yang didiskon adalah barang ‘murahan’ atau barang lama yang tidak laku terjual. Barang yang didiskon juga biasanya dianggap sebagai barang non premium yang bisa didapatkan siapa saja.

Adanya diskon juga bisa merusak harga sebuah barang di pasaran. Bisa disimpulkan bahwa terkadang, diskon tidak selalu berujung baik. Berbeda dengan diskon, cashback menawarkan hal yang berbeda. Harga produk di pasaran tidak rusak karena Anda tetap bisa menggunakan harga aslinya.

Anda hanya harus memberikan promo tersebut di akhir transaksi, sehingga kesan yang ditimbulkan lebih baik. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga harga sebuah barang dan menjaga persepsi pelanggan terhadap produk Anda. 

5. Meningkatkan awareness

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari promo cashback sebagai pemilik usaha kuliner adalah peningkatkan brand awareness. Semakin sering Anda memberikan promo cashback, semakin besar angka cashback yang diberikan, semakin banyak pelanggan yang tertarik.

Dengan begitu, akan semakin meningkat awareness usaha kuliner Anda. Cashback akan membangun kesadaran merek dan produk dibenak pelanggan. 

Promo cashback ini juga akan sangat membantu pengusaha kuliner yang baru memulai usahanya. Pelanggan akan lebih memperhatikan produk Anda seiring dengan adanya promo cashback yang ditawarkan.

Pelanggan akan tertarik dengan promo dan mempertimbangkan untuk membangun kesadaran terhadap produk. Jadi, dengan promo Anda bisa lebih mudah menarik pelanggan dan meningkatkan minat beli mereka. 

Ada banyak sekali keuntungan yang Anda dapat sebagai pemilik usaha kuliner dari promo cashback. Tidak hanya keuntungan langsung pada tingkat penjualan produk, kesadaran pelanggan akan keberadaan usaha Anda juga meningkat. 

Supaya usaha kuliner yang dijalankan lebih lancar dan sukses, Anda juga harus mempertimbangkan penggunaan perangkat kasir online dengan fitur terkini untuk memudahkan penghitungan harga.

SPOTS, perangkat kasir masa kini dengan beragam fitur canggih yang akan memperlancar setiap aktivitas usaha Anda. Kunjungi website SPOTS dan coba sekarang juga!

Share this article:

Related article

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...

Tumbuh Pesat, Ini 6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Daya tarik kota Makassar seolah tidak ada matinya. Selain menawarkan keindahan alam...