HOME / Tumbuh Pesat, Ini 6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Tumbuh Pesat, Ini 6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Daya tarik kota Makassar seolah tidak ada matinya. Selain menawarkan keindahan alam di Pantai Losari, wisatawan yang berkunjung ke Makassar juga dapat mengunjungi kawasan bersejarah, seperti Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Makam Diponegoro, Museum Kota, dan Taman Miniatur. Popularitas destinasi wisata kota Makassar yang semakin naik daun tentunya turut menciptakan peluang usaha yang besar pula bagi masyarakatnya. 

6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Di antara banyaknya bidang industri, usaha kuliner di Makassar masih menjadi primadona di kalangan pelaku usaha. Hal ini dikarenakan makanan menjadi kebutuhan pokok manusia, sehingga keberadaannya akan terus dicari.

Didukung dengan beragam jenis kudapan lezat khas Makassar yang diburu wisatawan, pastinya usaha kuliner di Makassar cukup menjanjikan keuntungan dan dijamin laris manis. Apa saja? Berikut daftar selengkapnya!

1. Es pisang ijo

Tentu saja, Anda bisa menjajakan es pisang ijo untuk wisatawan yang datang berkunjung ke kota Makassar. Apalagi minuman segar ini sangat cocok dinikmati di siang hari yang cukup terik. Es pisang ijo sendiri sudah cukup populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya di kota asalnya, bahkan di ibu kota Jakarta pun Anda bisa dengan mudah menemukan penjual es pisang ijo.

Dibuat dengan menggunakan pisang kukus yang dibalut kulit dadar berwarna hijau, es pisang ijo ini tentu merupakan usaha kuliner di Makassar yang bisa dimulai dengan modal terbatas. Hal ini dikarenakan bahan-bahan pembuatannya hanya berupa tepung sagu, tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, susu kental manis, sirup dan es batu saja.

2. Pisang epe

Masih menggunakan bahan dasar pisang raja, usaha kuliner di Makassar yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Pisang epe merupakan jajanan tradisional yang sangat terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan.

Biasanya pisang epe dijajakan di sore hari dan lokasinya ada di sekitaran pantai. Kombinasi cita rasa manis dan gurih yang ada pada pisang epe membuat kuliner ini diminati oleh anak-anak, orang dewasa, hingga mereka yang lanjut usia.

Untuk menciptakan sensasi rasa yang berbeda, inovasi pisang epe tentu bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda menciptakan pilihan topping kekinian pada sajian pisang epe yang belum pernah ditawarkan oleh penjaja pisang epe lainnya. Dengan begitu, membuat usaha kuliner Anda menarik dan diminati pelanggan.

4. Mie titi

Bisa dibilang mie titi merupakan ikon kuliner kota Makassar yang banyak diburu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbeda dari sajian mie pada umumnya, hidangan yang satu ini berupa mie kering yang disiram dengan kuah kental dan dilengkapi sayuran serta topping seafood. 

Untuk memulai usaha kuliner yang satu ini, Anda bisa menggunakan gerobak kaki lima atau menyewa bangunan usaha yang berada di lokasi strategis.

Baca Juga:  Mesin EDC & 8 Manfaatnya Bagi Bisnis

Kuliner yang sudah dikenal sejak tahun 1970-an di Makassar ini menawarkan peluang keuntungan yang besar. Terlebih Anda yang hobi memasak jelas usaha kuliner mie titi dapat menjadi pilihan tepat. 

Jangan lupa, berikan inovasi dalam menu maupun pelayanan untuk menjadikan usaha Anda unggul di pasaran. Mulai dari memanfaatkan media sosial, bekerja sama sebagai GoFood partners serta menyediakan mesin kasir online untuk mempercepat proses pembayaran.

5. Coto Makassar

Inspirasi usaha kuliner di Makassar tidak dapat terlepas jauh dari ragam kuliner tradisionalnya yang menggugah selera makan. Coto Makassar menjadi salah satu hidangan terpopuler yang layak untuk Anda manfaatkan peluangnya untuk memulai usaha kuliner.

Berbeda dari hidangan Soto yang ada di pulau Jawa, Coto Makassar merupakan kombinasi dari daging sapi dan jeroan yang disiram dengan kuah berbumbu khusus. Sebagai pelengkapnya, Buras atau lontong khas Makassar bisa disajikan bersama Coto Makassar.

Karena rasanya yang sudah otentik, Anda mungkin tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan inovasi. Tapi, tenang saja, untuk menjadikan usaha kuliner Anda laris manis, cobalah untuk mempromosikannya secara offline maupun online. Dengan begitu, wisatawan yang datang ke Makassar lebih mudah menemukan gerai Coto Makassar milik Anda.

6. Es kopi Toraja

Tren usaha kopi di Indonesia bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan usaha kuliner di Makassar yang laris manis. Terlebih kota Makassar sangat dikenal sebagai penghasil kopi Toraja.

Jenis kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah, sehingga lebih aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan gangguan lambung. Di samping itu, rasa kopi yang dominan dengan cokelat bercita rasa earthy juga sangat cocok diolah menjadi es kopi segar.

Tidak jauh berbeda dari es kopi populer saat ini, Anda bisa mendirikan usaha es kopi Toraja dengan nama yang unik. Pilih kemasan atau packaging yang kekinian dan Instagramable sehingga usaha kopi lebih mudah dikenal dan populer di kalangan wisatawan. Jangan ragu untuk berinovasi dengan variasi rasa kopi yang disajikan agar es kopi Toraja Anda tidak membosankan!

Kelima inspirasi usaha kuliner di Makassar tadi tentunya bisa Anda coba mulai dari sekarang. Pastikan untuk selalu melakukan riset pasar agar Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Share this article:

Related article

4 Peluang Usaha Kuliner di Jogja Sangat Menjanjikan!

Semua orang di Indonesia tentunya mengenal Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja....

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...