HOME / 6 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Anda Coba

6 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Anda Coba

Ide usaha kreatif memiliki peluang yang terbuka lebar sampai kapan pun, mengingat usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Pada dasarnya, usaha kreatif merujuk pada bagaimana seseorang melihat peluang keuntungan dengan cara berpikir kreatif untuk menciptakan barang yang unik dan tidak biasa. Lalu, daftar ide usaha kreatif apa saja yang menguntungkan dan bagaimana cara memulainya serta tantangan dan hambatan yang dihadapi? Simak ulasannya di bawah ini.

Tips Memulai Usaha Kreatif

Mewujudkan ide usaha kreatif terkadang tidaklah mudah. Anda harus memikirkannya dengan baik agar tidak salah langkah. Biasanya ada saja seseorang yang memulai usaha tanpa memerhatikan cara yang tepat. Berikut beberapa langkahnya yang dapat Anda terapkan.

  • Lakukan Riset Pasar

Langkah awal dalam memulai ide usaha kreatif ialah melakukan riset pasar. Riset pasar ini adalah bagaimana cara agar barang atau produk dapat laku. Cara untuk melakukan riset pasar adalah dengan aktif di media sosial, lalu perhatikan apa yang paling banyak diperlukan dan dicari oleh para konsumen.

  • Pilih Salah Satu Kategori Sesuai Passion

Anda bisa saja melakukan usaha dan menjalankan usaha kreatif karena terpengaruh oleh orang lain. Cara ini memang baik dan positif untuk membuat Anda lebih baik. Namun, kemampuan setiap orang dalam memasarkan barang atau produk berbeda-beda. Untuk hal ini, sebaiknya Anda pilih menjalankan ide usaha kreatif yang sesuai dengan passion. Misalnya passion Anda di usaha kuliner, namun Anda mencoba usaha fotografi dengan kemampuan yang tidak maksimal, jelas di sini Anda akan mendapatkan kesulitan.

  • Membangun Toko Online

Langkah selanjutnya dalam memulai usaha kreatif, sebaiknya pikirkan pula untuk mendirikan toko online. Keuntungan jika Anda memiliki toko online ini di antaranya adalah lebih mudah untuk mendekatkan diri ke konsumen dan meraih peluang pasar yang lebih besar. Tidak hanya itu, adanya toko online juga akan memudahkan transaksi pembayaran.

  • Terapkan Strategi Pemasaran Terbaik

Setelah membangun toko online, kini saatnya Anda memikirkan strategi pemasarannya. Anda bisa membuat blog untuk soft selling maupun branding ide usaha kreatif Anda. Atau bisa dengan menggunakan platform digital lainnya. Anda bisa memasukkan promo-promo di saat tertentu untuk menjaring calon konsumen baru menggunakan produk Anda.

  • Perhatikan Pula Tingkat Persaingannya

Persaingan usaha merupakan hal yang biasa. Oleh karena itulah Anda harus jeli pula melihat tingkat persaingan produk dan strategi yang dimiliki oleh para pesaing. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menerapkan strategi pasar yang berbeda dengan kompetitor. Jika tingkat persaingannya kecil, ini akan menguntungkan Anda. Akan tetapi, jika tingkat persaingannya cukup besar, Anda harus berpikir ulang bagaimana agar usaha dapat berjalan dengan baik.

6 Ide Usaha Kreatif Menguntungkan

Ide usaha kreatif ada beragam pilihan jika Anda mau mengeksplorasinya. Ide usaha kreatif ini biasanya memiliki modal kecil atau modal yang besar sekali pun. Terkadang, ide usaha kreatif ini muncul karena hobi dan dari hobi inilah muncul peluang pasar yang potensial. Apalagi saat ini perkembangan teknologi digital membuat usaha kreatif semakin mudah. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih.

1. Usaha Online Content Writer

Berbicara usaha online, tidak harus selalu dengan berjualan produk berupa barang saja. Di sini Anda juga bisa menjual produk dalam bentuk lain seperti tulisan. Profesi ini disebut dengan content writer. Beberapa orang menganggap ide usaha kreatif ini sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah omzet. Namun, di sisi lain tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai profesi utama.

Keuntungannya selain berpotensi mendapatkan omzet yang lumayan, Anda juga bisa mengerjakan sebuah project yang diberikan di mana saja bisa melalui coffee shop atau coworking space. Anda pun tidak hanya melakukan penulisan mengenai review produk, tetapi juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan di majalah tertentu. Misalnya untuk majalah yang membahas gaya hidup atau traveling yang kini semakin banyak diminati. Jika dimuat, akan mendapatkan fee dan terkadang jumlahnya tidak sedikit.

2. Fotografer Profesional

Dulu mungkin fotografi hanya dipandang sebagai sebuah hobi semata. Namun, saat ini fotografi juga bisa menjadi alternatif ide usaha kreatif menguntungkan, mengingat kini banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer untuk berbagai kegiatan dan acara. Misalnya saja untuk acara pernikahan, peluncuran produk tertentu, dan acara keluarga lainnya.

Keuntungannya, Anda pun bisa berkeliling ke tempat-tempat menarik saat hunting foto. Dari segi keuntungan finansial, omzetnya juga sangat besar. Bahkan untuk pernikahan saja, fotografer mampu memperoleh omzet hingga Rp8 juta per acaranya. Atau bisa juga dengan menjual karya hasil bidikan di website-website yang khusus menjual foto ini. Biasanya, harga yang menjadi patokannya menggunakan dolar dan tentu saja ini akan menguntungkan Anda.

3. Desainer Grafis Freelance

Sama halnya dengan fotografi, desainer grafis dahulu memang tidak begitu dilirik. Akan tetapi, sekarang jasa desain grafis menjadi peluang ide usaha kreatif yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perusahaan maupun lembaga atau perorangan membutuhkan jasa ini untuk promosi dan perkembangan usahanya.

Baca Juga:  Apa Itu PO(Purchase Order) & Manfaatnya untuk Usaha

Misalnya saja perusahaan ingin membuat promosi iklan berupa flyer, kartu nama, hingga promosi dalam bentuk visual lainnya tentu membutuhkan jasa desain grafis. Untuk memulai usaha menguntungkan ini Anda bisa membuat akun di sebuah situs yang menyambungkan Anda dengan calon pelanggan. Jangan lupa juga untuk mencantumkan portofolio maupun media sosial dalam menampilkan karya dan portofolio.

4. Usaha Kuliner

Ide usaha kreatif selanjutnya yang bisa dicoba adalah usaha kuliner. Banyak orang yang beranggapan jika usaha kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya. Ini karena setiap hari seseorang pasti membutuhkannya. Jika Anda berminat mencoba usaha ini, kuncinya adalah menjaga cita rasa yang berbeda dari lainnya. Kemudian, dari segi kemasan, sebaiknya juga perlu untuk membuat dalam kemasan unik.

Anda dapat membuka usaha kuliner ini di rumah dan tidak memakan tempat yang begitu besar. Kemudian, untuk pemasaran, Anda bisa memanfaatkan platform di media sosial maupun toko online yang dibuat. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam usaha kuliner ini ialah daya tahan makanan tersebut. Apabila ingin menjualnya secara online, maka sebaiknya pilih produk kuliner yang kering dan tahan lama. Misalnya saja kue kering atau keripik.

5. Berjualan Barang Antik

Siapa bilang barang antik adalah benda yang tidak memiliki nilai jual tinggi? Anggapan tersebut tidaklah benar. Justru sebaliknya, barang antik ini mampu memiliki nilai jual tinggi dan paling banyak dicari oleh para kolektor.

Tidak hanya kolektor, tempat-tempat tertentu seperti hotel dan kafe banyak melirik barang antik ini untuk kebutuhan dekorasi dan interior dengan nuansa klasik. Beberapa di antaranya adalah seperti meja tua, lampu, maupun pernak-pernik antik lainnya. Jika Anda memiliki hobi barang antik, mengapa tidak mencoba ide usaha kreatif ini?

6. Usaha Clothing Line

Selain ide usaha kreatif di bidang kuliner, usaha lainnya yang juga tidak ada matinya adalah usaha clothing line. Usaha seperti ini kini banyak dilirik oleh generasi milenial. Misalnya saja untuk desain kaos, jaket, hoodie, celana, dan lainnya yang sesuai dengan tren anak muda masa kini.

Di sini, penting bagi Anda untuk memerhatikan segmentasi desain yang disukai anak muda. Misalnya desain untuk olahraga seperti sepak bola. Atau dengan tren lainnya seperti musik, Anda bisa menjual kaos band tertentu yang pangsa pasarnya cukup besar di Indonesia.

Hambatan dan tantangan saat menjalankan usaha kreatif 

Dalam menjalani sebuah usaha termasuk ide usaha kreatif, tentu terdapat hambatan dan tantangan yang muncul. Adanya hambatan dan tantangan ini merupakan sebuah hal yang biasa dan harus dihadapi oleh seorang pengusaha. Sebab, dengan tantangan dan hambatan tersebut, Anda dapat belajar dari kesalahan dan memperbaikinya guna menciptakan peluang baru. Berikut beberapa hambatan yang sering muncul saat berwirausaha.

  • Masalah Keuangan

Masalah pertama yang paling sering muncul adalah mengenai masalah keuangan. Contohnya saja, pada kegiatan awal mungkin saja Anda kesulitan mendapatkan modal. Maka dari itu, perlu dipikirkan cara mendapatkan modal ini. Baik itu melalui pinjaman ataukah tabungan pribadi. Kemudian, ketika usaha sudah berjalan dengan baik, sebaiknya Anda perlu membuat dua rekening berbeda dan memisahkan antara uang untuk usaha dan uang pribadi.

  • Masalah Mengenai Produk

Kedua ialah masalah yang berkaitan dengan produk. Meski terlihat sederhana, ini juga penting Anda pikirkan. Misalnya saja jika produk tersebut tidak laku, maka sampai kapan produk tersebut bisa bertahan. Khususnya bila Anda menjalankan usaha kuliner dan sejenisnya. Jangan sampai Anda mengambil stok barang terlalu banyak tanpa memperhitungkan keuntungan dan tingkat penjualannya. Alih-alih Anda akan mendapatkan untung, justru malah defisit atau memperoleh cash flow yang negatif.

  • Masalah dalam Sebuah Tim

Hal ketiga yang juga sering muncul biasanya adalah masalah tim. Ini biasa terjadi jika usaha Anda dikelola oleh lebih dari satu orang. Memang pada saat awal merintis usaha bisa saja partner Anda meyakinkan, namun selang beberapa lama perusahaan berjalan terkadang mulai berubah pandangan dan inilah yang menjadi awal perselisihan. Kasus yang sering terjadi di antaranya adalah pembagian mengenai keuntungan berdasarkan saham yang dimiliki. Oleh karena itulah penting bagi Anda dalam menjaga kekompakan selama menjalankan usaha.

  • Menjaga Kepercayaan Konsumen

Hal terakhir yang juga tidak mudah adalah menjaga kepercayaan konsumen. Kepercayaan dari konsumen ini menjadi modal penting bagi Anda dalam menjalankan usaha. Jika Anda mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada tingkat penjualan produk berikutnya. Konsumen merasa puas dengan brand Anda, baik dari segi pelayanan maupun kualitasnya.

Selain hal-hal di atas, dalam memanfaatkan peluang ide usaha yang menguntungkan, Anda juga harus berani mengambil risiko. Jadi, ide usaha kreatif mana yang akan Anda jalankan? Semua tergantung bagaimana keberanian Anda, kejelian melihat peluang pasar, dan sesuai dengan passion.

Share this article:

Related article

Apa itu Kartu GPN? dan 5 Manfaatnya bagi Usaha

Anda tentu sudah familiar dengan kartu GPN yang digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai. Gerbang...

4 Manfaat Laporan Penjualan Harian dari SPOTS

Mengelola laporan penjualan usaha mungkin akan sedikit rumit bagi Anda sebagai pebisnis. Terlebih...