HOME / 6 Ide Bisnis yang Sejalan dengan Cashless Society

6 Ide Bisnis yang Sejalan dengan Cashless Society

Semakin pesatnya perkembangan teknologi di era digital berdampak pada metode pembayaran yang ada di masyarakat. Jika sebelumnya masyarakat lebih mengutamakan pembayaran secara langsung atau tunai, kini berangsur beralih pada pembayaran non-tunai atau cashsless. Dari sinilah kemudian muncul sebuah tren baru yakni cashless society. Sebenarnya, untuk menghadapi tren ini ada beberapa ide bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Ide Bisnis Kuliner

Kini, ide bisnis kuliner merupakan yang paling dominan di antara bisnis lainnya di masyarakat. Hampir setiap bulan selalu ada saja tren baru dalam usaha kuliner ini. Selain mempertahankan cita rasa, kunci dari usaha kuliner ini yang membuatnya semakin berkembang adalah metode pembayaran yang digunakan. Sebab, dari sebagian besar usaha kuliner, selain menyediakan metode pembayaran konvensional juga menyediakan metode pembayaran cahsless yang membuat transaksi semakin mudah.

2. Ide Bisnis Online shop

Tren cashless society sangat berhubungan erat dengan dunia online. Oleh karena itu, bila Anda memiliki ide bisnis membuka toko online ini merupakan hal yang tepat. Ada banyak keuntungan dari usaha ini. Salah satunya adalah jangkauan pasarnya pun lebih luas dan memiliki biaya promosi yang tidak begitu besar. Kemudian, dari segi metode pembayaran sangat mudah, cepat, aman, dan nyaman. Anda bisa menjadi seorang dropshipper ataupun seorang reseller untuk produk-produk tertentu yang diminati oleh sebagian besar masyarakat.

3. Ide Bisnis laundry

Berikutnya, Anda bisa mencoba untuk membuka ide bisnis laundry di sekitar tempat tinggal. Mengingat kesibukan seseorang baik itu bekerja atau mahasiswa yang sedang kuliah, biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Maka dari itulah, dengan adanya usaha laundry bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi mereka.  Anda bisa merintis usaha laundry kiloan dengan harga yang terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas hasil laundry.

Usaha laundry memang menjamur di tempat-tempat perumahan atau pemukiman strategis. Misalnya saja, di dekat komplek perkantoran ataupun komplek di sekitar kampus. Akan tetapi, sangat jarang usaha laundry yang menerima pembayaran secara cashsless. Jika laundry Anda menawarkan pembayaran seperti ini tentu akan sangat menguntungkan. 

4. Ide Bisnis Toko kelontong

Sebagian orang melihat usaha toko kelontong dengan sebelah mata. Mereka beranggapan jika toko kelontong akan sulit bersaing di era digital maupun era cashless society. Ternyata anggapan ini tidaklah benar, sebab ide bisnis toko kelontong masih diperhitungkan dan menjadi tempat favorit masyarakat untuk membeli kebutuhan sehari-hari dari berbagai lapisan sosial.

Baca Juga:  5 Testimonial Pengusaha Sukses yang Menggunakan SPOTS

Alasannya adalah lebih nyaman dan mudah serta interaksi pun akan terbangun. Namun, pernahkah terbesit berapa banyak toko kelontong yang memiliki metode pembayaran non-tunai? Inilah yang sebenarnya menjadi peluang besar bagi Anda. Keuntungannya jika menggunakan metode pembayaran cashless Anda tidak perlu khawatir mengenai uang kembalian dan sebagainya. Generasi milenial pun semakin banyak dan merasa nyaman berbelanja di toko kelontong Anda.

5. Ide Bisnis layanan jastip

Ide bisnis jasa titip juga sangat diminati dan seolah menjadi tren baru di era cashless society bagi mereka yang suka belanja. Memulainya pun sangat mudah, terutama jika Anda pecinta traveling. Anda hanya cukup datang ke pusat perbelanjaan di tempat tertentu dan memiliki produk unik dan lengkap. Atau bisa dengan cara mendatangi pameran.

Kemudian, carilah produk yang unik dan foto produk tersebut untuk dipajang di akun media sosial seperti Instagram. Anda bisa memberikan promosi yang menarik dan menawarkan jasa titip barang untuk mendapatkan produk tersebut. Jika pelanggan berminat, pastikan sudah mentransfer sejumlah biaya yang sudah dirinci dan Anda bisa mengirimnya menggunakan layanan ekspedisi. Cukup mudah bukan?

6. Ide Bisnis kreatif

Pada era saat ini jika Anda berbicara mengenai usaha yang menguntungkan, maka industri di bidang usaha kreatif adalah salah satunya. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar dan hanya perlu kemampuan diri atau skill yang mumpuni. Banyak dari unit usaha ini yang bisa Anda coba baik sebagai ide bisnis sampingan atau untuk penghasilan utama.

Contohnya saja untuk pembuatan jasa desain grafis atau menjadi seorang content writer atau copywriter. Mengingat kini perusahaan besar sangat membutuhkan kedua jasa tersebut untuk sarana promosi maupun pemasaran mereka. Anda bisa mencari klien melalui media sosial atau situs khusus bagi freelancer dan memiliki metode pembayaran yang mudah.

Anda juga bisa mempertimbangkan usaha di bidang event organizer yang saat ini banyak dibutuhkan, terutama di kota-kota besar. Apapun ide bisnis yang Anda jalankan, sebaiknya gunakan aplikasi yang mendukung pembayaran cahsless seperti mesin edc ataupun aplikasi kasir.

Salah satu penyedia aplikasi kasir yaitu SPOTS. Keunggulannya adalah kenyamanan dalam memonitor usaha, mudah dan aman untuk transaksi pembayaran, dan Anda pun tidak perlu melakukan perhitungan secara manual. Sebab semua dilakukan secara otomatis, sehingga lebih mudah dalam memantau omzet bisnis dengan rekapan transaksi yang bisa dikirim setiap harinya.

Share this article:

Related article

Apa itu Kartu GPN? dan 5 Manfaatnya bagi Usaha

Anda tentu sudah familiar dengan kartu GPN yang digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai. Gerbang...

4 Manfaat Laporan Penjualan Harian dari SPOTS

Mengelola laporan penjualan usaha mungkin akan sedikit rumit bagi Anda sebagai pebisnis. Terlebih...