HOME / 9 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

9 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

Pada era digital saat ini, persaingan bisnis ritel kian hari semakin ketat. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi pembelian melalui aplikasi e-commerce. 

Banyak orang yang berpendapat bahwa berbelanja secara online melalui desktop dan smartphone terasa jauh lebih cepat, mudah, dan praktis daripada harus datang langsung ke toko. 

Namun, beberapa konsumen kurang percaya dengan kualitas di toko online, sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk meneliti terlebih dahulu produk yang mereka inginkan sebelum membelinya. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa bisnis ritel masih dapat berkembang di era digital ini.

Cara Menarik Pelanggan ke Toko Anda

Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko Anda di era digital saat ini? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Buat Toko Anda Mendorong Rasa Penasaran bagi Pengunjung

Anda dapat menarik perhatian pengunjung dengan menghias toko Anda agar terlihat dekoratif.  Anda dapat memulainya dengan mengubah wallpaper dari dinding toko dan menambah berbagai hiasan dengan tema yang sesuai dengan konsep toko. Hal ini akan mendorong rasa penasaran pengunjung untuk segera masuk ke toko Anda dan melihat-lihat berbagai produk yang Anda jual.

2. Atur Susunan Tata Letak Setiap Produk di Toko Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyentuh suatu barang meningkatkan kemungkinan untuk membeli produk tersebut, sehingga pemilik toko cenderung menaruh produk unggulannya agar lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli.

Pernahkah Anda memerhatikan susunan produk yang dijual di beberapa pasar swalayan?

Beberapa produk, seperti bunga dan roti panggang seringkali dipajang di bagian terdepan, agar setiap pengunjung dapat menjangkau barang tersebut dengan mudah. Selain itu, ada beberapa alasan bunga dan roti panggang diletakkan di depan toko dan mudah dijangkau bagi pengunjung.

Pertama, kedua barang tersebut memiliki profit margin yang tinggi. Kedua, bunga dan roti juga memiliki aroma berciri khas yang dapat mengaktifkan kelenjar ludah Anda. Hal ini akan mendorong tangan Anda untuk langsung memasukkan kedua produk tersebut ke keranjang belanja.

Pasar swalayan juga seringkali menyembunyikan produk susu dan kebutuhan dasar lainnya di tempat paling belakang agar secara tak langsung dapat memaksa pengunjung melewati seluruh toko untuk menjangkaunya.

3. Bersahabatlah dengan Pengunjung Toko Anda

Berikan sambutan terhangat kepada setiap pengunjung saat mereka memasuki toko Anda, perlakukan mereka seperti teman dekat atau bahkan keluarga Anda sendiri. Hal ini akan membuat pengunjung toko Anda nyaman dan merasa dihargai saat berada di dalam toko Anda. Secara tidak langsung juga akan membuat mereka memandang positif terhadap toko Anda. 

Bahkan, Anda pun dapat mencontoh pelayanan beberapa merek besar saat menyambut pengunjung berbelanja yang tak segan untuk menawarkan air, jus, dan snack.  Pelayanan seperti ini akan membuat pelanggan merasa sangat nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di toko Anda.

Anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik agar mereka dapat mempercayai Anda, layaknya mereka mempercayai teman mereka sendiri.

4. Buat Database bagi Pengunjung Setia Anda

Setelah melakukan transaksi, jangan segera mengakhirinya. Anda dapat memberikan pelanggan Anda banyak informasi tambahan mengenai toko Anda atau merek produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan rekomendasi berbagai produk lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh pengunjung tersebut.

Demi kepuasan pengunjung, Anda pun perlu untuk memahami berbagai kebutuhan dari pengunjung tersebut, seperti merk, tipe, hingga model produk yang mereka gemari.  Jika mereka berkenan, Anda pun dapat menawarkan mereka sebuah program loyalitas atau program membership yang tersedia pada aplikasi kasir toko Anda.

Baca Juga:  14 Tips Menyusun Proposal Usaha dengan Mudah

Dengan adanya program tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah pelanggan setia Anda, sekaligus memberikan informasi penawaran menarik dari database tersebut.

5. Adakan Acara Menarik bagi Pelanggan Setia Anda

Jika anda merilis produk baru, Anda dapat mengadakan acara menarik untuk memperkenalkan produk Anda.

Selain mempromosikan website, Anda juga dapat mengumpulkan database pengunjung yang akan menjadi pelanggan setia melalui acara ini.

Anda pun dapat mengadakan acara dengan berbagai penawaran promosi, sekaligus undian berhadiah menarik bagi setiap pelanggan setia.

6. Promosikan Toko Anda melalui Media Online

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko Anda, diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Saat pelanggan merasa senang melakukan kunjungan ke toko Anda, mereka pun berpotensi untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain melalui media sosial mereka.

Hal ini pastinya akan membuka peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan baru.

Beberapa hasil dari riset pemasaran membuktikan bahwa keberadaan media sosial saat ini cukup kuat, bahkan bisa menjangkau ribuan pelanggan dengan sangat mudah dan cepat.

7. Berikan Pelatihan kepada Karyawan Anda Secara Rutin

Perlu diingat bahwa karyawan Anda merupakan bagian dari tim yang mencerminkan citra dari toko Anda agar sesuai dengan harapan. Setiap pelanggan akan mengingat segala hal setelah berkunjung ke toko Anda, termasuk pelayanan karyawan di toko Anda.

Anda perlu untuk memberikan pelatihan kepada karyawan Anda secara lengkap, mulai dari cara menyapa pengunjung, cara menerbitkan faktur pembayaran, keunggulan produk, cara menjelaskan program membership, dan sebagainya.

Dengan memberikan informasi lengkap tentang sebuah produk, pelanggan yang membeli produk tersebut sekaligus dapat memahami nilai lebih yang baru saja mereka investasikan. 

Semakin karyawan Anda mengetahui tentang keunggulan dari berbagai produk di toko tempat mereka bekerja, semakin banyak pula pengetahuan yang dapat mereka bagikan kepada pelanggan.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan Anda, sehingga mereka melayani para pelanggan yang mampir ke toko Anda dengan senang hati.

Anda pun dapat meminta pelanggan Anda untuk memberikan feedback sebagai indikator penilaian dari karyawan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberikan bonus tambahan kepada karyawan teladan sebagai motivasi agar mereka dapat memaksimalkan hasil kerja mereka.

8. Adakan Penawaran Promosi Diskon Menggiurkan

Manfaatkan database kontak pelanggan yang Anda miliki sebelumya untuk menginformasikan penawaran promosi diskon yang akan berlangsung.

Anda dapat menggunakan warna merah untuk meng-highlight informasi promosi diskon yang Anda tawarkan agar dapat menarik perhatian dan terlihat menggiurkan bagi pelanggan.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan kalimat “Stock Terbatas” atau “Beli, Sebelum Kehabisan!” sebagai kalimat sugesti agar pelanggan Anda tertarik untuk segera melakukan transaksi pembelian.  

9. Jaga Reputasi Toko Anda

Memiliki toko dengan reputasi baik dapat memancing setiap pengunjung untuk berlangganan di toko Anda. Di era digital saat ini, feedback dari pengunjung dapat tersebar luas dengan mudah.

Anda dapat meminta testimoni dari beberapa pelanggan yang telah berbelanja di toko Anda dengan membagikan hadiah atau potongan harga saat mereka telah menulis ulasan mengenai toko.

Anda pun harus dapat menangani berbagai pendapat negatif secara professional untuk menghindari kemungkinan terjadinya penurunan angka penjualan.

Sekian rekomendasi mengenai beberapa cara yang dapat dicoba untuk menarik pelanggan untuk berkunjung ke toko Anda.

Share this article:

Related article

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha & Contohnya

Laba dalam sebuah bisnis merupakan hal yang menjadi tujuan utama untuk menjaga keberlangsungan...

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Terlepas dari jenis usaha yang Anda jalankan, menerapkan strategi promosi penjualan yang...