HOME / 30 Bisnis Waralaba yang Menjanjikan & Kekinian

30 Bisnis Waralaba yang Menjanjikan & Kekinian

Bisnis waralaba di Indonesia kini seolah menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat. Ini karena bisnis waralaba tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan keuntungannya pun dirasa cukup tinggi.

Waralaba sendiri baru populer di tanah air ketika memasuki dekade 1990-an, yang ditandai dengan kemunculan department store dan bisnis makanan cepat saji.

International Franchise Association (IFA) mengartikan waralaba sebagai hubungan kontrak di antara franchisor dengan franchiseeFranchisor ini memiliki kewajiban menjaga kepentingannya secara berkelanjutan untuk usaha yang dijalankan franchisee. 

Contohnya melalui pelatihan, pengelolaan, dan segala hal yang berkaitan dengan proses operasional bisnis waralaba. Franchise ini akan menanamkan investasinya terhadap usaha tersebut melalui sumber dananya sendiri.

Waralaba tersebut ada yang bergerak di bidang kuliner maupun non-kuliner seperti jasa dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Waralaba Makanan dan Minuman

Bisnis waralaba bidang makanan dan minuman banyak dipilih oleh masyarakat karena modalnya yang tidak begitu besar dan memiliki keuntungan timbal balik yang menjanjikan. Ada beberapa bisnis waralaba dalam bidang makanan dan minuman yang bisa dicoba, yaitu:

1. Teh Tongji

Teh Tongji bisa dibilang sebagai bisnis waralaba yang sukses di Indonesia dengan menjual produk utama berupa teh. Ada beberapa modifikasi teh Tongji dengan varian rasa menarik dan bisa ditemukan di beberapa lokasi strategis.

Untuk membuka waralaba ini memang tidak begitu besar modalnya. Penjualan satu cup Tongji biasanya dibanderol mulai Rp5.000. Apabila Anda akan bergabung dengan kemitraan ini, maka di tiap booth-nya akan dibekali dengan 1.000 cup yang bisa Anda tawarkan.

2. Bubble Tea

Selain Tongji yang beraneka ragam rasa, modifikasi teh kini mulai berkembang. Salah satunya adalah bubble teaBubble ini adalah sebuah butiran tapioka dengan varian rasa tertentu seperti rasa buah, cokelat, hingga kopi.

Memulai usaha bubble tea pun tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Tersedia paket modal sebesar Rp3.500.000 untuk paket lengkap dengan booth. Sedangkan jika tanpa booth hanya Rp2.700.000 saja dan untuk harga satu cup minumannya bervariasi, mulai Rp6.000 hingga Rp10.000.

3. Kedai Kopi

Berbicara mengenai bisnis waralaba minuman, kedai kopi juga marak dipilih masyarakat dan mampu mendatangkan omzet yang tentu tidak sedikit. Di sini kita bisa ambil contohnya adalah Semerbak Coffe.

Jika Anda tertarik ingin membuka bisnis waralaba ini, paket yang bisa dipilih mulai dari Rp9.500.000 saja. Anda harus membayar DP terlebih dahulu sebesar 70% atau Rp6 juta maupun langsung dengan pelunasan.

4. Bisnis Kebab

Meski kebab merupakan makanan khas Timur Tengah, masyarakat Indonesia mulai menyukainya dan menjadi salah satu makanan favorit yang harus dicoba. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika bisnis waralaba kebab menjadi menjamur saat ini.

Sebut saja seperti merek Kebab Baba Rafi yang memiliki gerai di beberapa kota tanah air. Harga untuk memulai usaha waralaba kebab memang bervariasi. Paket yang paling murah adalah Rp3.000.000.

5. Donat Bakar (Dokar)

Berikutnya adalah bisnis waralaba Donat Bakar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Dokar. Bisnis yang diprakarsai oleh Iwan Chrismanto ini mulai berdiri pada tahun 2008 lalu.

Perkembangan bisnis ini cukup pesat, bahkan kini sudah ada 66 cabang di seluruh Indonesia. Bisnis waralaba ini bisa Anda coba dengan modal mulai dari Rp7.500.000 hingga Rp9.300.000. Sedangkan untuk perhitungan satuan harga donatnya, satu buah sekitar Rp1.500 hingga Rp3.000. Hal tersebut tergantung pada topping yang dipilih pelanggan.

6. Takoyaki

Makanan khas Jepang memang menjadi favorit di masyarakat sejak dulu hingga sekarang. Meski ada banyak jenis makanan negeri sakura, salah satunya yang bisa dijadikan bisnis waralaba adalah Takoyaki.

Di Jepang sendiri, Takoyaki memang menjadi waralaba untuk bisnis kecil dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di sana. Modal awal untuk bisnis Takoyaki cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp3.200.000 saja dan sudah lengkap dengan bahan baku yang disediakan, sekaligus gerobak untuk stand Anda.

7. Jagung Susu Keju (Jasuke)

Usaha penjualan makanan yang terbuat dari bahan baku jagung sebenarnya sudah ada sejak dulu. Akan tetapi, kini sudah semakin variatif. Contohnya adalah jagung susu keju atau Jasuke.

Mengenai modal awal waralaba Jasuke hanya sebesar Rp2.700.000 dan Anda bisa menggunakan booth dan bahan yang sudah diberikan oleh perusahaan. Sedangkan untuk harga satuannya adalah Rp3.000 hingga Rp5.000 saja.

8. Fried Chicken

Bisnis Waralaba fried chicken pun tak kalah menjanjikannya dan bisa dibilang kuliner yang tak akan pernah mati. Di sini kita bisa contohkan dengan Sabana Fried Chicken yang pada awalnya membuka gerai di kawasan Pondok Gede.

Seiring berjalannya waktu, bisnis waralaba ini memiliki lebih dari 2.000 gerai di 11 provinsi di Indonesia. Konsepnya sendiri adalah untuk usaha kecil menengah. Modal utamanya yang perlu dipersiapkan adalah Rp16.750.000 di wilayah Jabodetabek. Sementara, di luar Jabodetabek akan ditambahkan dengan biaya ongkos kirim sesuai wilayah yang ditempati.

9. Depo Isi Ulang Air Minum Biru

Selain memberikan manfaat besar bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan primer, air isi ulang juga bisa menjadi sebuah peluang bisnis menjanjikan. Hal inilah yang setidaknya bisa dilihat oleh perusahaan waralaba depo isi ulang air minum Biru.

Dimulai pada tahun 2002 di Surabaya, kini usaha depo air minum ini berkembang di beberapa kota besar Indonesia. Persyaratan jika ingin membuka waralaba ini adalah Anda harus memiliki lahan parkir minimal tiga mobil dan modal investasi awalnya Rp443.115.000 dengan masa kontrak berlaku selama 10 tahun.

10. Kkuldak

Jika tadi terdapat makanan Jepang, makanan Asia Timur yang juga disukai masyarakat adalah masakan Korea. Salah satunya ialah Kkuldak berupa honey chicken yang memberikan cita rasa lain dan ditambah topping dari tepung beras.

Untuk mendirikan waralaba ini, Anda membutuhkan modal cukup besar yakni Rp350.000.000 untuk outlet semi counter. Sedangkan untuk bentuk restoran membutuhkan modal Rp1 miliar, ini sudah termasuk bumbu dan bahan yang didatangkan langsung dari Korea. Omzetnya sendiri mencapai Rp7.000.000 per harinya.

Sedangkan untuk bentuk restoran membutuhkan modal Rp1 miliar, ini sudah termasuk bumbu dan bahan yang didatangkan langsung dari Korea. Omzetnya sendiri mencapai Rp7.000.000 per harinya.

11. Churros Delicio

Makanan khas Spanyol mungkin sedikit asing bagi masyarakat di Indonesia. Namun, kini Anda bisa mencicipinya, seperti Churros Delicio.

Didirikan pada tahun 2015 di Magelang, kini Churros Delicio mulai merambah kota-kota lain di Indonesia. Paket untuk waralaba ini terdiri dari dua jenis, yakni menggunakan mini booth dengan modal Rp35 juta dan mini island dengan modal Rp50 juta.

Baca Juga:  11 Bisnis Sampingan Karyawan, Bermodal Minim

12. Sosis Bakar

Bisnis waralaba sosis bakar juga menjadi populer di masyarakat. Modal utamanya pun juga tidak besar, yakni Rp2.200.000 hingga Rp3.500.000 yang biasanya sudah terdapat gerobak untuk berjualan. Harga yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari Rp1.000 hingga Rp15.000.

13. Jamur Crispy

Selain itu, ada pula waralaba jamur crispy yang gurih dan renyah. Modal awal untuk waralaba jamur crispy ini adalah Rp2.500.000 dan modal tersebut dapat kembali dalam hitungan yang tidak lama. Biasanya modal akan kembali dalam 1-2 bulan saja dan harga satuannya mulai dari Rp2.000 hingga Rp4.000.

14. Es Juice

Dalam usaha minuman, Es Juice sangatlah populer di semua kalangan masyarakat. Modal yang digunakan untuk usaha ini pun tidak begitu besar dan Anda bisa menjualnya di lokasi yang strategis. Bayangkan saja jika Es Juice ini dijual dengan ragam varian berbeda, mulai Rp5.000 hingga Rp1.500, maka bisa dipastikan berapa besarnya keuntungan yang Anda dapatkan.

15. Crepes

Usaha makanan atau kuliner terakhir yang dapat dicoba adalah Crepes. Makanan ini terbuat dari topping terigu dengan rasa manis dan asin. Usaha ini bisa Anda mulai dengan modal awal Rp7.500.000 dengan satu porsi crepesnya dihargai Rp10.000 hingga Rp20.000.

Waralaba Bidang Jasa di Masyarakat

Di samping bisnis waralaba kuliner, bisnis waralaba juga bergerak di bidang pelayanan jasa masyarakat. Berikut beberapa di antaranya dengan omzet yang cukup menjanjikan. 

16. Waralaba Pertamini

Galaxy Pertamini merupakan pelopor untuk penjualan bahan bakar eceran secara modern untuk usaha kecil. Pake pom bensin berukuran mini ini pun sangat terjangkau dan modalnya hanya berkisar antara Rp9,7 juta hingga Rp20 juta. Saat ini, tercatat mitranya sudah banyak tersebar di Indonesia dan berjumlah ratusan. 

17. Minimarket

Bicara mengenai waralaba, pikiran kita tidak bisa lepas dari minimarket. Hal ini sangatlah wajar, sebab bisnis ini sudah menjamur di Indonesia. Namun, di sisi lain modal yang diperlukan juga cukup besar. Untuk waralaba Indomaret, misalnya, dana investasi atau modalnya minimal adalah Rp394 juta. Keuntungannya adalah bisnis waralaba ini adalah berskala nasional.

18. Spa

Selain waralaba, bisnis spa pun kini mulai ada yang berkonsep bisnis waralaba. Di Indonesia, yang menawarkan spa berkonsep waralaba di antaranya adalah Bambu Spa. Modalnya memang cukup besar dan setidaknya butuh Rp850 juta untuk semua keperluan yang digunakan. Nantinya, tim akan meninjau lokasi pilihan Anda.

19. Waralaba Apotek

Berikutnya adalah bisnis waralaba di bidang medis seperti apotek. Hal ini dimulai oleh Apotek K-24 yang kini ada 370 gerai di seluruh Indonesia, bahkan Timor Leste. Modal awal bisnis waralaba apotek ini besarannya adalah Rp970 juta dan harus memiliki tanah seluas 60 meter persegi. Biaya tersebut sudah termasuk biaya bangunan, pelatihan, dan stok obat.

20. Laundry Pakaian

Jika Anda memiliki hunian di tempat strategis, maka laundry pakaian adalah hal yang tepat. Laundry yang berkonsep waralaba di Indonesia contohnya adalah Pantura Laundry dengan modal awal sebesar Rp8 juta dengan estimasi balik modalnya sekitar 2-5 bulan. 

21. Waralaba Tour and Travel

Bidang jasa lain yang tidak kalah menariknya adalah tour and travel. Waralaba jenis ini di Indonesia beragam, mulai untuk keperluan umum hingga yang mengkhususkan diri dalam perjalanan wisata religi. Contohnya saja adalah Midas Nusantara dengan modal usaha Rp 10.000.000.

22. Bidang Eskpedisi

Seiring menjamurnya toko online, ini berpengaruh pada usaha kurir dan ekspedisi. Bisnis waralaba kurir dan ekspedisi di Indonesia salah satunya adalah TIKI atau Titipan Kilat. Memulai usaha waralaba ini modal awal yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp20 juta.

23. Waralaba dalam Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan pun tidak luput dari konsep waralaba yang kini sedang marak. Misalnya saja adalah Bimba Rainbow Kids di bawah naungan Yayasan Bintang Solusi Mandiri. Semua orang bisa memiliki waralaba ini dan jika Anda ingin membuka waralaba bidang pendidikan ini, ada pun dana investasinya adalah mulai Rp 8.000.000.

24. Laundry Sepatu dan Tas

Tidak hanya laundry pakaian, kini juga menjamur laundry untuk sepatu dan tas. Ini dapat kita contohkan dengan waralaba The Quick Clean yang berasal dari Surakarta. Kini hadir di beberapa kota lainnya di Indonesia. Mengenai paket kemitraannya adalah Rp15 juta, yang sudah mencakup booth dan peralatannya.

25. Waralaba Cuci Mobil

Bisnis waralaba cuci mobil tidak kalah menjamurnya di masyarakat. Misalnya saja untuk waralaba Auto Clean yang merupakan usaha cuci mobil dengan menggunakan cairan khusus. Modalnya untuk membuka waralaba ini cukup besar, yakni Rp30 juta.

26. Waralaba Bidang Pertanian

Dahulu bidang pertanian, dianggap sebelah mata. Namun, kini bidang pertanian bisa menjadi bisnis waralaba menjanjikan. Di sini Anda bisa menjual produk-produk hasil pertanian organik, misalnya, atau keperluan untuk petani lainnya misalnya pupuk dan sebagainya.

27. Waralaba Bidang Otomotif

Waralaba di bidang otomotif juga cukup menjanjikan. Ini dikarenakan semakin meningkatnya masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Beberapa bisnis waralaba dalam bidang otomotif ini di antaranya adalah Mr.Montir, Shop & Drive, dan F-16 Motor.

28. Bidang Klinik Kecantikan

Sementara itu, bisnis kecantikan juga memiliki basis bisnis berkonsep waralaba. Contohnya saja Klinik Jelita yang berasal dari Magelang. Kini siapa saja bisa membuka klinik ini di beberapa kota di Indonesia dengan modal yang beragam, mulai Rp10 juta hingga Rp45 juta.

29. Jasa Laundry Boneka

Kini juga hadir jasa laundry boneka yang dapat Anda pilih sebagai bisnis waralaba menjanjikan. Di sini bisa kita contohkan adalah The Clean Bar Laundry yang pertama hadir di Solo. Modal awal bisnis ini cukup besar, yakni Rp80 juta dan omzetnya mencapai Rp30 juta per bulannya.

30. Waralaba Kursus Bahasa Inggris

Di Indonesia, kursus bahasa Inggris memang dibutuhkan banyak orang, baik pelajar maupun masyarakat umum. Waralaba ini salah satunya adalah Easy English Centre dengan modal awal Rp5 juta hingga R10 juta. Analisis BEP-nya sendiri adalah 2-3 tahun.


Itulah ulasan mengenai bisnis waralaba yang perlu Anda ketahui. Apapun bisnis waralaba Anda penting untuk memiliki satu aplikasi yang dapat membantu kinerja dalam melakukan pengelolaan keuangan. Salah satunya adalah SPOTS dengan berbagai fitur yang bekerja secara otomatis. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir kesalahan perhitungan keuangan dan membuat kinerja semakin efisien.

Share this article:

Related article

4 Peluang Usaha Kuliner di Jogja Sangat Menjanjikan!

Semua orang di Indonesia tentunya mengenal Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja....

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...