HOME / 9 Cara Memulai Bisnis Restoran Sendiri

9 Cara Memulai Bisnis Restoran Sendiri

Banyak orang yang bermimpi membuka restoran mereka sendiri. Tapi, mengelola restoran tidak bisa sembarangan jika Anda ingin menjadi sukses. Untuk membantu Anda, berikut kami sajikan 9 tips sukses memulai bisnis restoran dari awal.

Apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis restoran baru?

1. Tentukan konsep restoran Anda

Langkah pertama yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis kuliner milik sendiri adalah menentukan seperti apa konsep restoran Anda nantinya. Apakah Anda ingin buka restoran dengan atmosfer yang nyaman dan bikin betah beramai-ramai, atau Anda ingin restoran baru Anda memiliki konsep fine dinning?

Konsep restoran juga harus mempertimbangkan jenis makanan apa yang Anda ingin sajikan. Sebelum mengambil tindakan selanjutnya, rancang sebuah menu lengkap. Makanan seperti apa yang ingin Anda hidangkan di restoran Anda — khas Italia atau Jepang? Masakan rumahan atau kedai kopi dan bakery?

Baca Juga:  10 Cara Desain Menu Café / Restoran Tanpa Photoshop

2. Tentukan lokasi restoran yang strategis

Lokasi sangat penting dalam menentukan kesuksesan setiap bisnis restoran. Semakin mudah restoran Anda diakses oleh banyak orang, semakin besar peluang Anda untuk laris.

Apakah lokasi tersebut termasuk daerah yang sibuk, sering dikunjungi banyak orang? Apakah areanya padat populasi, untuk memudahkan Anda mencari tenaga kerja? Apakah akses menuju lokasi tersebut mudah dicapai? Bagaimana dengan lahan parkir, tersedia cukup luaskah? Setelah semua berkenan di hati, Anda akan perlu memastikan untuk bernegosiasi agar mendapatkan harga sewa terbaik.

3. Tentukan juru masak Anda

Untuk memulai bisnis kuliner yang sukses, Anda perlu tiga pilar utama: konsep yang mantap, lokasi strategis, dan chef yang kompeten. Ketiganya saling bekerja sama membantu Anda menentukan suasana restoran Anda.

Koki yang Anda pekerjakan di restoran haruslah sesuai dengan konsep restoran dan tema masakan Anda. Jika tidak, Anda akan menemui banyak masalah yang tidak perlu.

4. Ketahui target pelanggan Anda

Ketika Anda siap untuk memulai bisnis restoran, penting untuk memahami siapa target pelanggan inti Anda. Orang tua dengan anak-anak kecil memiliki kebutuhan yang berbeda dengan kaum lajang atau pasangan muda. Meneliti basis populasi daerah lokasi restoran Anda akan membuka beragam informasi demografis penting yang dapat memengaruhi kesuksesan restoran Anda.

Hal-hal seperti nilai perumahan, pendapatan rumah tangga rata-rata, usia rata-rata; ini semua akan memberikan Anda petunjuk berharga mengenai siapa pelanggan potensial Anda. Setelah Anda mendapatkan informasi penting ini, Anda bisa membandingkannya dengan restoran lain di daerah tersebut.

1 2

Share this article:

Related article

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha & Contohnya

Laba dalam sebuah bisnis merupakan hal yang menjadi tujuan utama untuk menjaga keberlangsungan...

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Terlepas dari jenis usaha yang Anda jalankan, menerapkan strategi promosi penjualan yang...