HOME / 11 Tips Memulai Bisnis Es Krim Sendiri

11 Tips Memulai Bisnis Es Krim Sendiri

Siapa yang tidak suka dengan es krim? Kuliner manis dengan berbagai rasa ini begitu disukai oleh seluruh kalangan dari berbagai usia. Kelezatan es krim sudah tersohor ke seluruh dunia sehingga kuliner ini seringkali ada pada acara santap bersama.

Ada yang disajikan sebagai hidangan penutup, ada juga yang penyajiannya dipadukan dengan makanan lainnya, seperti pada waffle, pancake, juice, dan sebagainya.

Nah bagi Anda yang melihat es krim sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, Anda tepat. Banyak pengusaha – pengusaha besar yang menjadi kaya raya berkat usaha es krim yang digelutinya.

Contohnya saja Robbin dan sepupunya, Burton Baskin yang sukses mendirikan bisnis es krim yang terkenal di seluruh dunia dengan merk Baskin Robbin.

Berkat konsep 31 rasa yang diangkat oleh mereka, maka konsumen dapat berkunjung ke sana setiap hari tanpa merasa bosan. Konsumen dapat mencicipi berbagai rasa yang berbeda setiap harinya.

Tips Bisnis Es Krim Sendiri

Banyak cara untuk menjadi sukses dalam bisnis es krim. Jika Anda ingin berhasil dan tertarik untuk menggeluti bisnis es krim, berikut adalah tips – tips yang dapat Anda terapkan.

1. Tentukan Produk Es Krim yang Akan Anda Jual

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan produk es krim yang akan Anda jual. Apakah Anda ingin menjual es krim susu atau yang es krim yang terbuat dari buah maupun yoghurt? Jika Anda sudah menentukannya, akan lebih mudah dalam menentukan pilihan rasa. Buatlah daftar rasa yang disukai oleh banyak orang.

Anda juga dapat bereksperimen menciptakan sebuah rasa baru yang unik, sehingga toko Anda memiliki ciri khas. Hal ini penting karena ciri khas tersebut yang akan menjadi magnet bagi konsumen – konsumen Anda. Toko Anda akan dinilai berbeda dan lebih unik dibandingkan toko sejenis lainnya.

2. Catat Dengan Rinci Modal yang Diperlukan

Mencatat modal yang diperlukan secara rinci adalah hal yang wajib Anda lakukan. Dengan begitu Anda dapat membuat daftar berapa budget yang Anda perlukan untuk membeli bahan baku, membeli peralatan, biaya operasional, sewa tempat, gaji karyawan, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk memasukkan dana darurat pada rincian modal, karena pada umumnya bisnis yang baru Anda buka, belum akan menghasilkan pada bulan – bulan pertama, bahkan tahun pertama. Jadi Anda harus mempersiapkan dana darurat serta biaya operasional selama satu tahun ke depan.

Baca Juga:  Aplikasi Kasir Toko Portable & 8 Manfaatnya

3. Ciptakan Merk dan Logo yang Menarik

Jangan pernah melewatkan tahap ini, karena ini merupakan tahap yang penting. Ciptakan logo dan merk yang menarik untuk bisnis es krim Anda. Logo dan merk yang Anda ciptakan merupakan sebuah identitas bisnis bagi bisnis es krim Anda. Gunakan logo dan merk pada desain menu Anda karena ini akan membedakan bisnis es krim Anda dengan bisnis es krim pesaing. Jangan lupa untuk mendaftarkan hak paten untuk logo tersebut, sehingga tidak ada orang lain yang dapat menirunya.

4. Cari Tahu Supplier yang Menyediakan Bahan Baku Berkualitas

Jika Anda sudah mengetahui produk es krim yang Anda buat serta sudah memiliki catatan mengenai rincian modal yang diperlukan, ini saatnya bagi Anda untuk mencari informasi mengenai supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas.

Mendapatkan bahan baku dari supplier tentunya akan sangat menguntungkan karena pada umumnya Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran. Anda juga dapat membuat kesepakatan dengan supplier untuk membayar bahan baku tersebut secara mingguan atau bulanan.

Keuntungan lainnya adalah Anda akan mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang bagus, karena pada umumnya supplier melakukan penyaringan yang ketat terhadap produk mereka sebelum dikirimkan kepada klien atau vendor yang memesan. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga nama baik supplier tersebut.

5. Cari Informasi Mengenai Peralatan Berkualitas

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai peralatan berkualitas untuk membuat es krim Anda. Banyak penjual yang menawarkan aneka alat pembuat es krim, lengkap dengan keunggulan masing – masing. Nah di sinilah Anda harus jeli melihat kelebihan peralatan – peralatan tersebut. Belilah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membeli peralatan dengan mempertimbangkan harga juga dapat Anda lakukan. Tak ada salahnya membeli peralatan yang harganya lebih mahal jika kualitas dan merknya terjamin, dibandingkan Anda harus membeli peralatan murah, namun harus dilakukan berkali – kali, karena alat tersebut rusak. Peralatan berkualitas juga dapat menghasilkan es krim yang berkualitas juga.

1 2

Share this article:

Related article

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha & Contohnya

Laba dalam sebuah bisnis merupakan hal yang menjadi tujuan utama untuk menjaga keberlangsungan...

9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

Terlepas dari jenis usaha yang Anda jalankan, menerapkan strategi promosi penjualan yang...