HOME / Aplikasi Penjualan & 10 Manfaatnya untuk Usaha

Aplikasi Penjualan & 10 Manfaatnya untuk Usaha

Teknologi sepertinya telah menjadi bagian dari bidang usaha apapun, sebagai contoh yaitu semakin tingginya penggunaan aplikasi penjualan untuk membantu transaksi jual beli.

Salah satu usaha yang menggunakan teknologi untuk  membantu kelancaran proses operasionalnya adalah usaha di bidang kuliner.

Berwirausaha di bidang kuliner kini menjadi sebuah tujuan yang ingin diraih banyak orang. Semakin hari, jumlah pelaku wirausahanya semakin bertambah, dan seiring pertambahan ini pula persaingan usaha menjadi semakin tinggi.

Tak jarang harus ada usaha-usaha yang gulung tikar di usia dini. Masalahnya beragam, namun yang paling banyak menjadi momok kegagalan adalah karena masalah keuangan yang tak dapat dikelola dengan baik, seperti jumlah transaksi yang tak berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Untuk restoran-restoran besar, menggunakan teknologi pembayaran yang paling baru tentu bukan hal sulit karena sudah ada jaminan ketersediaan dana dan aset. Namun, usaha-usaha kafe sederhana belum tentu dapat mengikuti langkah restoran besar karena terbatasnya sumber daya.

Untungnya, aplikasi penjualan atau Point Of Sale (POS) saat ini sudah banyak yang budget-friendly, sehingga diharapkan dapat mempermudah kelancaran usaha kuliner UMKM.

Namun, ternyata belum banyak pengusaha yang berminat menggunakan aplikasi ini karena adanya anggapan aplikasi seperti ini hanya digunakan untuk mengatur pemasukan uang dan mengkalkulasikan transaksi penjualan.

Padahal, penggunaan aplikasi ini dapat membawa dampak besar yang positif untuk kelangsungan usaha mereka.

Manfaat aplikasi penjualan untuk operasional usaha

Ingin berwirausaha dengan lebih mudah dan praktis sekaligus meningkatkan penjualan? Berikut manfaat aplikasi penjualan bagi usaha Anda:

1. Paperless Reports

Dengan aplikasi yang dikembangkan untuk mengelola penjualan seperti ini, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kerepotan menulis laporan penjualan, inventaris, dan ketersediaan stok secara manual. Aplikasi penjualan memungkinkan Anda untuk melakukannya secara digital yang tentunya lebih mudah.

Dengan demikian, waktu Anda untuk fokus pada pelayanan pelanggan menjadi lebih banyak.

Baca Juga:  Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan

2. Mengurangi Waktu Transaksi

Pernahkah Anda harus mengantri lama hanya demi membayar pesanan yang sebetulnya jumlahnya tak banyak? Pasti mengesalkan sekali, bukan?

Bayangkan bila Anda harus melakukan hal tersebut pada pelanggan Anda. Bisa-bisa, mereka berpikir ulang untuk datang kembali ke kafe Anda.

Aplikasi penjualan mengurangi waktu transaksi karena Anda tak perlu menulis dan menghitung manual lagi, sehingga antrian pelanggan yang ingin membayar dapat dihindari. Anda pun bisa melayani lebih banyak tamu dalam waktu singkat.

3. Akurasi Pencatatan Pesanan dan Pembayaran

Penggunaan aplikasi penjualan akan mengurangi kasus miskomunikasi antara kafe dan pelanggan.

Pelanggan mungkin menginginkan minuman dingin dengan es yang lebih sedikit atau tidak menginginkan makanan yang ekstra pedas? Anda dapat memasukkan catatan tambahan tersebut dengan akurat dalam aplikasi penjualan.

Pesanan yang sesuai selera pelanggan akan menambah kepuasan mereka kepada kafe atau restoran Anda.

Pelanggan juga tidak perlu pusing menghitung total biaya makan dengan diskon yang Anda berikan di kafe Anda. Aplikasi penjualan akan mengkalkulasikannya dengan cepat.

4. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Anda tentunya tak ingin dimarahi pelanggan karena baru mengabarkan pesanannya ternyata sudah habis setelah ia menunggu lama, bukan?

Aplikasi penjualan dapat digunakan untuk mencatat ketersediaan stok menu, mengganti pesanan dengan cepat, dan menawarkan menu lain yang masih tersedia.

Saat melayani pelanggan, Anda bisa dengan cepat merekomendasikan menu yang masih tersedia.

5. Menghindari Kebingungan Pemisahan Pembayaran

Tak jarang pelanggan yang datang beramai-ramai menginginkan tagihan terpisah untuk pembayaran makan mereka. Mungkin memisahkan total pembayaran juga merupakan tugas pemilik dan karyawan, namun Anda bisa mempersingkat waktu menghitung.

Aplikasi penjualan akan membantu Anda untuk melakukan pemisahan tagihan pembayaran pelanggan hanya dengan beberapa kali memencet tombol pada aplikasi!

1 2

Share this article:

Related article

Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan

Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting untuk dikuasai dalam sebuah usaha, baik besar maupun...

Pahami Arti Profit & 8 Cara Meningkatkannya

Banyak entrepreneur atau para pemilik usaha yang memiliki pikiran bahwa, untuk dapat meningkatkan profit...