HOME / Apa itu Kartu GPN? dan 5 Manfaatnya bagi Usaha

Apa itu Kartu GPN? dan 5 Manfaatnya bagi Usaha

Anda tentu sudah familiar dengan kartu GPN yang digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai. Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN ini memungkinkan sistem pembayaran yang terpadu.

Dalam artian dulu ketika bertransaksi kartu debit menggunakan EDC dari bank yang sama. Namun, adanya GPN memungkinkan kartu debit apa saja bisa digesekkan di semua mesin EDC dari beragam bank.  Lalu, sejak kapan kartu ini mulai diberlakukan dan apa saja keuntungannya? Simak ulasannya berikut.

Kapan mulai diberlakukan?

Sebenarnya ide mengenai penggunaan kartu GPN sudah dirintis sejak 20 tahun yang lalu. Namun, karena berbagai macam faktor, kartu ini baru terealisasi beberapa tahun belakangan ini.

Ketentuan penggunaan kartu GPN ini dituangkan dalam Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PDAG/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional. Setelah dibentuknya peraturan tersebut maka kartu GPN secara resmi diberlakukan di Indonesia sejak 1 Januari 2018 lalu.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Mendapatkan kartu GPN ini sangat mudah dan bisa dilakukan di kantor cabang bank terdekat. Ketika Anda mendatangi bank tersebut, langsung saja menuju ke customer service untuk mengganti kartu debit yang lama dengan kartu debit berlogo GPN. Jangan lupa untuk membawa kartu debit lama tersebut, dan mengenai biaya kartu ini gratis tanpa dipungut biaya.

Keuntungan menerima kartu GPN bagi usaha Anda

Bagi masyarakat, penggunaan kartu GPN memberikan banyak keuntungan. Terlebih lagi bagi para pelaku usaha, baik itu pengusaha UMKM maupun pengusaha dalam bidang tertentu. Dengan adanya keuntungan tersebut, membuat proses usaha Anda berjalan dengan baik dan di sisi lain dapat memberi manfaat lebih dari segi finansial. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah seperti yang dijabarkan di bawah ini.

1. Kemudahan dalam bertransaksi

Transaksi non-tunai saat ini mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar saja, tetapi juga di beberapa daerah. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pembayaran non-tunai dibarengi dengan edukasi yang dilakukan pemerintah dan pihak terkait lainnya. Selain itu, juga didukung dengan infrastruktur yang memadai seperti ketersediaan kartu GPN.

Kartu GPN ini berupa kartu debit dan bisa digunakan di hampir sebagian besar wilayah di Indonesia. Khususnya untuk bank-bank nasional dan swasta. Penggunaan kartu GPN dapat dilakukan di berbagai bank di tanah air yang bermitra dengan GPN. Dengan demikian akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja di tanah air.

2. Dapat menikmati merchant discount rate

Bagi para pelaku usaha, khususnya bagi para pengusaha UMKM kartu GPN memberikan keuntungan dengan adanya Merchant Discount Rate (MDR). Pada dasarnya, MDR merupakan potongan yang akan dibebankan pada merchant dalam kaitannya dengan transaksi yang dilakukan di mesin EDC.

Dahulu, sebelum dikeluarkannya kartu GPN oleh pemerintah, MDR yang dibebankan bagi para pedagang dan pengusaha sebesar 2-3 persen. Meski tidak besar, namun jika transaksi dilakukan secara terus menerus bisa saja hal tersebut menjadi beban bagi pelaku usaha kecil. Namun, kini setelah adanya kartu GPN biaya MDR ini menjadi turun hingga satu persen sehingga tidak terlalu membebani para pelaku industri kecil.

Baca Juga:  Pahami Arti Profit & 8 Cara Meningkatkannya

3. Transfer antar bank menjadi lebih murah

Kemudahan berikutnya dengan menggunakan kartu GPN ini biaya transfer antar bank menjadi lebih murah dari sebelumnya. Selama ini, dalam transaksi kartu debit masih dilakukan oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) dari bank lain. Kini, biaya transaksi bisa semakin ditekan. Bahkan untuk transaksi non-tunai untuk ritel dengan kartu kredit, tidak dipungut biaya sama sekali untuk transaksi pemerintah.

Selain pengusaha, kartu GPN bisa bermanfaat bagi para nasabah dalam melakukan transfer antar bank untuk transaksi dalam hal pembayaran dan transaksi jual beli lainnya. Terlebih lagi untuk transaksi dalam jumlah besar dan intens yang Anda lakukan. Sehingga, membuat Anda semakin nyaman tanpa khawatir saldo rekening berkurang dengan jumlah tak sedikit karena biaya transaksi ini.

4. Banyak mendapatkan promo tertentu

Pihak bank yang mengeluarkan kartu GPN, dalam hal ini kartu debit juga memberikan keuntungan lain melalui promo yang berlaku untuk saat tertentu.

Promo tersebut biasanya berupa potongan harga yang diberikan oleh tempat hiburan maupun tempat perbelanjaan. Ini tentu akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki kerjasama dengan pusat perbelanjaan dan tempat hiburan dalam menjalankan usaha Anda.

Misalnya saja, ketika Anda membeli barang dalam jumlah tertentu dan untuk dijual kembali, akan mendapatkan potongan harga promo mulai dari Rp20 ribu dan jumlah potongan lainnya. Di sini selain lebih murah, Anda juga bisa lebih efisien dan berpeluang mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

5. Keamanan lebih terjamin

Terakhir, manfaat kartu GPN bagi para pengusaha adalah tingkat keamanannya yang terjamin. Sebab, dalam kartu GPN juga sudah dilengkapi fitur keamanan dengan standar tinggi. Sistem keamanan ini berlaku di dalam negeri dan melalui jalur domestik.

Dengan demikian Anda menjadi lebih nyaman dan aman ketika bertransaksi dalam kaitannya mengenai usaha Anda. Khususnya jika Anda bertransaksi dengan nominal yang cukup besar. Semua dapat tertangani dan dijaga transparansinya.

Jadi, sudahkah usaha Anda dapat menerima pelanggan yang menggunakan kartu GPN untuk kemudahan transaksi? Di samping menggunakan kartu debit untuk urusan transaksi, dalam mendirikan sebuah usaha Anda juga perlu menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan perusahaan dengan mudah dan nyaman dengan fitur-fitur otomatis.

Di Indonesia, untuk aplikasi yang dapat Anda pilih tersebut adalah SPOTS dengan beragam fitur menarik dalam pengelolaan keuangan lebih tertata rapi, aman, dan efisien.

Share this article:

Related article

4 Peluang Usaha Kuliner di Jogja Sangat Menjanjikan!

Semua orang di Indonesia tentunya mengenal Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja....

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...