HOME / Apa Itu GoBiz? & Keuntungannya Bagi Usaha Anda

Apa Itu GoBiz? & Keuntungannya Bagi Usaha Anda

Perkembangan usaha kuliner di Indonesia terbilang cukup cerah. Hal ini didukung dengan hadirnya layanan pesan-antar makanan yang diberikan oleh GoFood.

Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Demografi FEB UI bahkan menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Hingga di tahun 2018 lalu, sekitar 92% merchant yang tersebar di sembilan kota besar Indonesia telah bergabung sebagai mitra GoFood.

Adanya manajemen merchant GoBiz yang diberikan juga sangat membantu lebih dari 1.000 mitra untuk mengelola usahanya secara lebih optimal.

Apa itu GoBiz?

GoBiz menjadi terobosan terbaru yang akan membantu pemilik usaha untuk secara praktis mengelola usahanya. Aplikasi ini sebelumnya lebih dulu dikenal dengan nama GoResto.

Diluncurkan secara resmi untuk memudahkan mitra GoFood dan rekan usaha GoPay, sehingga usaha dapat berkembang lebih efektif dan efisien. Menariknya, GoBiz ini juga bisa digunakan oleh semua jenis dan ukuran usaha.

Fitur-fitur yang diberikan pun cukup lengkap, termasuk sistem Point of Sales (POS), food delivery oleh GoFood, dan payment acceptance yang didukung oleh GoPay.

1. Mengelola usaha dengan optimal

Setelah memahami apa itu GoBiz, Anda juga perlu mengenal keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh aplikasi berbasis online ini.

Secara detail, GoBiz akan memudahkan pemilik usaha untuk mengatur ketersediaan menu, mengelola status merchant (buka/tutup), mengatur jam operasional, memonitor seluruh transaksi, serta mengubah detail harga jika dibutuhkan.

Dengan demikian, pemilik usaha dapat memanfaatkan fitur-fitur GoBiz secara mandiri dan menyeluruh, sehingga usaha dapat berkembang lebih pesat dalam waktu singkat.

2. Fitur pembayaran non-tunai

Lebih canggih daripada GoResto, aplikasi GoBiz memungkinkan usaha Anda menerima pembayaran non-tunai lebih mudah. Pelanggan dapat melakukan pembayaran cashless menggunakan saldo GoPay yang dimiliki.

Nantinya, untuk menyelesaikan pembayaran pelanggan hanya perlu melakukan scan QR Code yang telah diberikan. Artinya, sebagai pemilik merchant, Anda tidak lagi harus menyiapkan uang kembalian. Sementara antrean kasir dapat dipercepat berkat sistem pembayaran non-tunai yang canggih ini.

Baca Juga:  Apa Itu PO(Purchase Order) & Manfaatnya untuk Usaha

3. Panduan masuk ke aplikasi GoBiz

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa outlet telah terdaftar sebagai partner GoFood maupun GoPay. Kemudian, buka aplikasi GoBiz dengan memasukkan nomor ponsel terdaftar.

Klik ‘Masuk’ dan tunggu beberapa saat hingga secara otomatis aplikasi ini akan mengirimkan kode OTP ke nomor tersebut. Jadi, pastikan nomor ponsel masih aktif dan berada di dekat Anda. Setelah itu, masukkan 4 digit kode OTP yang sudah dikirimkan tadi, tekan tombol ‘Konfirmasi’.

4. Selalu update aplikasi GoBiz

Anda mungkin saja telah mengenal dan memahami apa itu GoBiz. Namun, jangan lupa untuk selalu update aplikasi tersebut ke versi paling baru. Ini penting diperhatikan agar sebagai pengguna Anda tetap bisa mengakses fitur-fiturnya secara optimal.

Sebelum update aplikasi, terlebih dulu Anda perlu melakukan sinkronisasi pada perangkat kasir online SPOTS yang digunakan di outlet. Caranya terbilang sangat mudah, antara lain:

  1. Lakukan sikronisasi perangkat kasir online SPOTS secara manual, melalui panduan link: Cara mengatur aplikasi kasir.
  2. Jika sinkronisasi manual selesai dilakukan, Anda bisa membuka aplikasi GoBiz di Google Play Store.
  3. Periksa apakah sudah ada update yang tersedia. Jika ya, maka segera lakukan update aplikasi GoBiz.
  4. Setelah aplikasi berhasil diperbarui, Anda perlu melakukan log in ulang dengan menggunakan nomor ponsel yang sebelumnya terdaftar.
  5. Hubungi SPOTS Care via email ke help@spots.co.id atau telepon ke 1500252 apabila Anda mengalami kesulitan dalam memperbarui aplikasi GoBiz.

Berkembangnya teknologi digital memiliki pengaruh dan dampak yang besar pada perilaku konsumsi pelanggan. Oleh karena itu, dengan mempelajari apa itu GoBiz, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini secara lebih maksimal untuk mengelola dan mengembangkan usaha kuliner maupun bidang-bidang usaha lainnya yang digeluti. Selamat mencoba, ya!

Share this article:

Related article

5 Peluang Bisnis Kuliner di Palembang yang Bisa Dicoba

Palembang yang terkenal sebagai destinasi wisata yang menghadirkan keelokan ragam...

Tumbuh Pesat, Ini 6 Inspirasi Usaha Kuliner di Makassar

Daya tarik kota Makassar seolah tidak ada matinya. Selain menawarkan keindahan alam...